BAI News

Kemungkinan Malam Ini Satgas Berangkat ke Mesir

Related Posts

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yodoyono siang tadi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) guna mengevakusi Warga Negara Indonesia yang berada di Mesir. Rencananya malam ini Satgas akan berangkat ke Mesir.

Hal ini di sampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa usai rapat terbatas dengan Presiden Susilo Bambang Yodoyono di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2011).

"Insya Allah malam ini, seperti apa yang disampaikan tadi kami ingin mengirim pesawat secepat mungkin, tapi yah tentu tergantung kesiapan berbagai pertimbangan. Seperti instruksi bapak presiden agar malam ini juga pesawat sudah ada yang ke kairo, pesawat sendiri sudah siap dari Garuda menyediakan pesawat Boeing 747 berkapasitas kurang lebih 400 orang,” ucap Marty.

Kalau dari sisi pesawat, lanjutnya, sudah siap. Contingency plan alias rencana penyelamatan juga sudah siap. "Sudah ada rencana-rencana dari kedutaan untuk mengevakuasi seperti ini, pesawat sudah siap, dan personel juga sudah siap, sekarang yang harus diperoleh adalah flight clearance atau izin pendaratan," paparnya.

Marty mengaku, sekarang ini yang menjadi kendala adalah belum keluarnya izin pendaratan. Proses pengurusannya pun belum bisa dipastikan karena Pemerintahan Mesir sedang tidak dalam kondisi normal.

"Malam ini sudah siap tapi sekarang tergantung pada flight clearance dari Kairo karena dengan keadaan seperti ini, pemerintah Kairo yang tidak menentu itu tentunya kita harus mengantisipasi permasalahan yang ada,"ujarnya.

Pemerintah Indonesia melalui KBRI sudah menetapkan tiga titik penampungan dan 20 titik komunikasi WNI di Mesir. “Jadi ada  20 titik dimana kita bisa menjangkau warga Negara kita, ada tiga titik penampungan. Di KBRI sendiri, di sekolah Indonesia dan di kantor konsuler di Nasr City. Kalau kita lihat geografis Nasr City paling dekat dengan bandara, kurang lebih 15 menit dari airport di Kairo,” tutupnya.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik