19 Lokomotif Yang Ada di Indonesia
Related Posts
1. BB204

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia sejak 1981 dan kecepatan maksimumnya 60km/jam.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
2. CC202

lokomotif    buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di    Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan    karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini    hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut    batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
3. CC201

Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.
4. CC200

LOKOMOTIF    CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah    Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan    memiliki tenaga 1750Hp
5. D300

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif    ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk    langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat    berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
6. D301


Lokomotif    D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,    Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan    tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
7. BB306

Lokomotif    BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo    Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk    melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta    Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga    90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan  kebanyakan   rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
8. BB305 (Jenbach)

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
9. BB305 (CFD)

Lokomotif    BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki    oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD,   Perancis.  Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
10. BB304

Lokomotif    BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,    Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya    mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan    kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan    dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
11. BB303

Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif    ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan  untuk   dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini  dapat   berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam
12. BB301

adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif    ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52    ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang    ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan    maksimum 120 km/jam.
13. BB300

Lokomotif    ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk    langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat    berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried    Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
14. BB203

Lokomotif    BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe    keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi  sejak   tahun 1978.
Bentuk,   ukuran, dan  komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201,   yang  membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201  bergandar   Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar  penggerak,   lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap  bogienya juga   memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam  setiap bogienya yang   digunakan sebagai gandar penggerak.
15. BB202

Lokomotif    BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe    ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun    70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun    lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin    masinis ini tidak memiliki hidung.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
16. BB201

Lokomotif    BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe    kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun    1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
17. BB200

Lokomotif    BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe    pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak    tahun 1957.
Lokomotif  ini   berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini  adalah   (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat    lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
18. CC203

Lokomotif    CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan  desain   dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk kabin masinis ujung  pendek yang   aerodinamis,serta diperlebar untuk kenyamanan dan  mengurangi penumpang   liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.
19. CC204

Lokomotif    CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di    Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif    Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi    menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yg bentuknya seperti    CC201,dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203


Tidak ada komentar: