BAI News

Minuman Rempah-Rempah Berkhasiat untuk Tubuh

Related Posts


minuman rempah rempah
INDONESIA dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah bahan obat-obatan yang mencapai hampir 30 ribu jenis. Saat ini, rempah-rempah tersebut digunakan sebagai bahan dasar obat untuk pengobatan alternatif.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengonsumsi rempah-rempah tersebut, hingga minuman hasil olahan dari rempah-rempah banyak diminati oleh masyarakat. 

Hotel Aston Primera Pasteur pun tidak ketinggalan berinovasi dengan menyajikan dua buah resep minuman berbahan dasar rempah-rempah yang bernama Bandung Cooler dan Ginger Punch dengan khasiat yang beragam.

Bandung cooler, minuman berbahan dasar kayu manis dan cengkih yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan kimia dalam kayu manis adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. 

Sifat kimianya, pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi. Sehingga kayu manis bermanfaat untuk mengobati kencing manis, kerontokan rambut, infeksi kandung kemih, mengatasi sariawan dan sakit gigi, kelebihan berat badan, influenza, sakit perut, kembung, sakit kepala, dan sinus.

Sedangkan sifat kimiawi dan efek farmakologis dari cengkih adalah hangat, rasanya tajam, aromatik, berhasiat sebagai perangsang (stimulan), antiseptik, peluruh kentut (icarminative), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan obat batuk. 

Kandungan kimia pada cengkih adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol. Sebagai obat tradisional, cengkeh memiliki khasiat untuk mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.

Hampir sama dengan Bandung Cooler, Ginger Punch pun memiliki beberapa khasiat, minuman ini terbuat dari komposisi asam jawa dan jahe. Asam jawa (Tamaricus Indica) tumbuh di daerah tropis. sesuai dengan namanya, rasa buah ini asam atau kecut. Konon menurut sejarah, pohon asam berasal dari daratan Afrika. Khasiat buah asam dapat mengobati sariawan, panas dalam, gangguan tenggorokan, asma demam, reumatik (nyeri sendi), hingga menurunkan berat badan.

Bagi masyarakat Indonesia, tanaman jahe sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat yang beragam untuk kesehatan. Antara lain, jahe bermanfaat untuk mengobati masuk angin, perut mual, batuk, pegal-pegal, migrain (sakit kepala sebelah), menurunkan tekanan darah dan dapat melancarkan pencernaan.

Anda dapat menikmati berbagai khasiat yang terkandung di dalam minuman Bandung Cooler hanya dengan Rp19.878 ++/gelas dan Ginger Punch dengan Rp22.800 ++/gelas. Mulailah hidup sehat dari hal-hal yang kecil!



http://www.kumpulberita.com/2011/08/minuman-rempah-rempah-berkhasiat-untuk.html


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Arsip Blog

Follow by Email

Followers

Statistik