BAI News

Tips Bersihkan RAM secara Fisik & Sistem

Related Posts


RAM (Random Access Memory) merupakan tempat untuk menyimpan informasi tetapi hanya bisa menyimpan jika ada sumber daya listrik, maka dari itu disebut sebagai volatile memory. Membersihkan RAM mungkin agak aneh, tetapi di sini akan dijelaskan mengapa RAM perlu dibersihkan.
Untuk membersihkan RAM ada dua cara, yang pertama adalah secara fisik dan yang kedua adalah secara sistem. Pembersihan secara fisik perlu dilakukan untuk menghilangkan listrik statis. Listrik statis dapat terjadi karena ada gesekan sehingga RAM tersebut mengandung muatan listrik. Untuk menghilangkan listrik statis pada RAM, Anda dapat menggunakan alat yang mudah didapatkan. Alat ini adalah penghapus. Penggunaannya pun cukup mudah tetapi perlu ketelitian.
Caranya seka penghapus ke pin RAM. Pin-pin ini letaknya ada di bagian bawah. Seka bagian depan dan belakang RAM dengan hati-hati karena di dekat pin itu terdapat beberapa komponen yang kecil-kecil, usahakan untuk tidak mengenai komponen-komponen tersebut. Setelah itu, bersihkan bekas dari sisa penghapus yang menempel pada pin tersebut dengan cara meniupnya, atau Anda dapat menggunakan blower untuk meniupnya.
Menyeka pin pada RAM dengan penghapus
Membersihkan RAM secara sistem
Perlakuan seperti membersihkan RAM secara sistem mungkin jarang sekali dilakukan mengingat kapasitas RAM yang ada di pasaran sudah cukup memadai. Trik untuk membersihkan RAM ini sebenarnya akan menghapus semua data yang tidak aktif yang mungkin masih disimpan dalam RAM. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:
  • Tutup semua aplikasi yang berjalan, termasuk browser internet.
  • Buka aplikasi Notepad lalu ketikkan FreeMem=Space(128000000).
Membersihkan RAM dari sistem

  • Kemudian Anda simpan dimana saja. Saat akan menyimpan, jangan lupa hapus ekstensi .txtlalu ubah menjadi .vbs. Ekstensi .vbs akan berubah menjadi sebuah aplikasi, sebagai contoh ram_free.vbs.
Menyimpan dengan ekstensi .vbs
  • Klik dua kali ram_free.vbs di tempat menyimpan yang sebelumnya telah dibuat. Hal ini akan melakukan reorganisasi dan pembersihan RAM protokol. Proses ini tidak akan menggunakan banyak waktu, hanya dalam hitungan detik sudah selesai.
sumber : rumpitekno.com


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik