BAI News

Hindari Makanan yang Menyebabkan Jerawat Ini

Related Posts

Makanan yang Menyebabkan JerawatUntuk menjalankan terapi penyembuhan jerawat salah satunya adalah menghindari konsumsi makanan yang akan memicu timbulnya jerawat. Karena selain dipicu stres dan faktorkebersihan kulit, jerawat (acne vulgaris) yang bahasa jawanya kukul juga berkaitan dengan kadar gula darah. Karena itu, berbagai jenis makanan yang banyak mengandung gula harus dibatasi jika tidak ingin punya wajah berjerawat.
Peningkatan kadar gula darah akan mempengaruhi kondisi hormonal tubuh yang pada akhirnya mengganggu fungsi kelenjar minyak di permukaan kulit. Oleh karena itu perlu sekali menghindari jenis-jenis makanan yang bisa memicu munculnya jerawat seperti dilansir hubpages.com yang disebutkan dibawah ini:
Makanan berlemak
Lemak jika terlalu berlebihan akan menghambat transportasi oksigen dan nutrisi ke sel. Ini akan menyebabkan, metabolisme terganggu sehingga kadar gula dalam darah akan mudahmengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Pada saat terjadi peningkatan, kondisi ini dapat menimbulkan jerawat.
Susu dan produk olahannya
Ini masih berkaitan dengan lemak sebenanrnya, karena kandungan lemak dalam susu dan produk olahannya sangat tinggi, sehingga berefek terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak diatas. Es krim, keju dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari oleh pemilik wajah berjerawat. Selain itu, ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang sedang bunting. Jenis susu ini mengandung hormon tertentu yang di tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat.
Gula olahan
Gula terdapat pada hampir semua makanan termasuk pada buah-buahan. Tapi selama buah-buahan itu dimakan mentah-mentah, jenis gula yang dikandungnya adalah gula kompleks berupa serat dan karbohidrat yagn tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah. Gula-gula tersebut baru akan menjadi masalah bagi jerawat jika sudah berubah ke bentuk yang lebih sederhana, melalui proses pengolahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue.
Kafein
Kopi, teh, minuman bersoda dan beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri merupakan sumber-sumber kafein yang bisa membuat jerawat makin menjadi. Salah satu efek karein adalah merangsang kelenjar adrenalin, sehingga bisa meningkatkan kadar stres yang merupakans alah satu faktor pemicu jerawat. Efek samping kafein yang lain adalah gangguan tidur, yang juga bisa memicu jerawat. Selain meningkatkan stres, kurang tidur juga menghambat proses pemulihan kondisi fisik dan mekanisme pembuangan racun yang terjadi di dalam tubuh.
Makanan olahan
Sardin kalengan, baso awetan, sosis, nugget dan sejenisnya sering mengandung bahan tambahan pengawet. Bahan-bahan tersebut sulit dicerna oleh tubuh dan bisa memperparah radang pada jerawat yang sudah mengalami infeksi.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik