BAI News

Asteroid Apophis Akan Menghancurkan Bumi Tanggal 13 April 2036

Related Posts

Asteroid Apophis kembali menjadi berita setelah sebuah laporan Rusia menyimpulkan Asteroid itu bisa menabrak bumi di tahun 2036.
Mereka bahkan meramalkan tanggal kapan terjadi tabrakan.

"Kemungkinan tabrakan dengan Bumi dapat terjadi pada tanggal 13 April 2036," ujar Profesor Leonid Sokolov dari St Petersburg State University menyimpulkan.

Seperti dikutip dari kantor berita Rusia RIA Novosti, Sokolov mengatakan meski memiliki kemungkinan tabrakan yang sangat kecil, penting untuk merencanakan semua skenario yang mungkin.

Dia menambahkan asteroid kemungkinan besar hancur menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang dapat berbenturan dengan Bumi pada tahun berikutnya.

Asteroid Apophis menjadi berita utama di tahun 2009 ketika para ilmuwan memperkirakan kemungkinan lebih dari 2 persen mempunyai kesempatan menabrak bumi.

Ilmuwan NASA lebih berhati-hati tentang kemungkinan tersebut.

"Secara teknis, mereka benar, ada kemungkinan di 2036 [bahwa Apophis akan menabrak Bumi]," kata Donald Yeomans, kepala kantor program NASA's Near-Earth Object (NEO). Namun kesempatan itu hanya 1 dalam 250.000, Yeomans menambahkan.

Dalam mitos bangsa Mesir, Apophis adalah roh setan yang menimbulkan kehancuran, ingin membawa kegelapan abadi ke dunia.

Meskipun ukuran asteroid Apophis hanya sedikit lebih besar dari dua lapangan sepak bola (390 meter), dampak tabrakannya dengan Bumi, pakar Astronomi mengingatkan akan dampak lebih besar dari yang diperkirakan seperti  visualisasi  dibawah ini.(dakdem)


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik