BAI News

Tomat Efektif Turunkan Kolesterol

Related Posts

Tomat sudah lama dikenal sebagai pelengkap berbagai hidangan lezat. Tak sekadar penambah rasa, buah yang kerap diolah menjadi pasta dan topping pizza ini juga memiliki khasiat penting untuk kesehatan. 

Studi baru-baru ini membuktikan, asupan tomat yang telah diolah secara teratur dapat memangkas tingkat kolesterol. Para ilmuwan mengatakan, tomat masak memiliki khasiat yang sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

Tomat bisa menjadi sumber alternatif untuk mengatasi kondisi yang dapat mengakibatkan masalah jantung. Mengasup dua ons pasta tomat atau setengah liter jus tomat sehari berfungsi sebagai pengontrol kolesterol pasien.

Rahasianya terletak pada tingkat senyawa likopen yang memberi warna merah pada buah tomat. Senyawa ini mengandung antioksidan tinggi yang membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk memperoleh manfaat terbaik, makan tomat yang telah dimasak. Tubuh akan menyerap likopen dalam tomat matang lebih baik daripada tomat mentah. 

Para ahli Australia menganalisis hasil dari 14 studi internasional terhadap manfaat likopen selama 55 tahun terakhir. Mereka menyimpulkan, tomat bisa memberikan pertahanan alami untuk menurunkan 'kolesterol jahat' dalam darah. Efeknya sebanding dengan dosis kecil statin. 

Menurut penulis studi Dr Karin Ried, dari The University of Adelaide, setengah liter jus tomat atau 50 gram pasta tomat sehari 'akan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung'.

"Saya merekomendasikan pasta tomat. Makanan ini kaya likopen dan sangat mudah diperoleh dalam makanan sehari-hari seperti pasta dan jus." 

Studi yang dimuat dalam jurnal Maturity juga menyebut sumber lain likopen. Likopen banyak ditemukan pada semangka, jambu biji, pepaya, jeruk, aprikot dan rosehip tetapi dalam konsentrasi yang lebih rendah


sumber: KB


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik