BAI News

Tips Agar Mata Sehat Terawat

Related Posts

Mata sehat adalah modal untuk meraih perhatian. Indra yang sering dijuluki 'jendela jiwa' ini pun butuh perawatan. Tak hanya kulit yang butuh perlindungan khusus saat cuaca panas atau berada di bawah terik matahari. Pancaran sinar UV bisa merusak mata. Sehingga,  memilih kacamata khusus juga penting supaya mata tetap sehat.

Jangan hanya memilih sunglasses karena modelnya saja. Pastikan pula kacamata Anda bisa melindungi mata dari bahaya sinar UV.

Ahli Bedah di India, Dr Keiki Mehta mengatakan bahwa manfaat sunglasses sama seperti tabir surya yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Untuk itu, diperlukan pula kacamata pelindung untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata akibat pancaran UV.

"Mata juga rentan terkena sinar UV. Kacamata yang tepat akan mencegah sinar UV masuk dan merusak mata," katanya seperti dikutip dari Times of India.

Olahraga

Jika anda berencana melakukan olahraga air, pastikan melindungi mata dengan sunglasses khusus. Untuk kegiatan di luar ruangan seperti berkemah, atau api unggun jangan lupa memakai kacamata pelindung agar kotoran kecil dan bara api tidak menimbulkan masalah pada mata.

Cuci mata 
Setelah berenang, selalu cuci mata dengan air segar. Bukan hanya kulit yang bisa menjadi kering di musim panas, mata Anda pun juga bisa mengalami kekeringan. Tetes mata bisa digunakan untuk mencegah mata kering. Tanyakan dokter obat tetes mata yang bisa membuat mata menjadi lebih nyaman.

Cuci mata Anda dengan air dingin dua kali sehari, hindari mengucek mata dengan tangan, jauhkan diri dari daerah berdebu , dan jangan lupa menggunakan sunglasses atau jenis kacamata pelindung lainnya.

Ketika duduk di ruang AC, pastikan udara dingin tidak langsung mengarah pada mata karena bisa menyebabkan mata kering dan sensitif.

Istirahat
Beristirahat yang cukup, tidur nyenyak selama enam sampai delapan jam membantu meremajakan mata Anda dengan cara alami. 

Berikut beberapa gangguan mata yang umum terjadi saat cuaca panas. 

Konjungtivitis
Hal ini ditandai dengan kemerahan mata dan sensasi menusuk pada mata. Segera obati untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain dan memburuknya kondisi mata. Jaga selalu kebersihan dengan mencuci mata Anda dengan air bersih . Gunakan tetes mata antibiotik dan salep mata di bawah pengawasan medis.
Infeksi 
Kelopak mata bengkak, kemerahan dan nyeri terjadi ketika infeksi bakteri pada kelopak mata terjadi. Jika Anda mengalami masalah ini, jaga kebersihan mata dengan kompres air hangat dan konsumsi tablet analgesik dan antibiotik.

Mata kering
Sindrom mata kering umum terjadi saat suhu udara meningkat dan memicu terjadinya penguapan air mata . Cuci mata sesering mungkin dan menggunakan tetes mata pelumas untuk bantuan.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik