BAI News

Molo, Cara Unik Orang Papua Menangkap Ikan

Related Posts

MOLO

Apakah molo itu? dalam bahasa papua Maksudnya tuh, nyelam ke dalam laut sambil bawa senapan berbahan kayu dengan amunisinya berupa besi panjang yang ujung depannya sangat tajam terus di bagian belakangnya dililit senar. Biasa juga disebut “jubi”. Molo (bahasa daerah Papua yang artinya nyelam. Layaknya snorkling namun tanpa menggunakan alat bantu pernapasan, tapi kita harus nyelam hingga ke dasar laut). Nah untuk melakukan molo, sebaiknya dilakukan saat malam hari dan air laut sementara surut. Karena saat malam hari, umumya ikan-ikan pada bobo. Jadi tinggal gampang nembaknya.

Peralatan yang digunakan juga sederhana saja. Peralatannya terdiri atas senapan kayu (batang kayu yang dibuat menyerupai senapan), batang besi yang agak panjang (bisa 1 meter lebih), terus senter khusus bawah air (baterainya banyak banget lho…), jala yang telah diberi pelampung buat nampung ikan yang didapat, botol-botol air mineral lengkap dengan penutup, buat naruh rokok, korek, baterai. Sepatu untuk menghindari telapak kaki menginjak karang serta baju ketat berlengan panjang dan celana panjang ketat.kalau dilakukan pada saat siang hari biasanya hanya memakai celana pendek saja dengan kacamata air.

Molo, sebaiknya dilakukan oleh yang berpengalaman karena teknik menyelam itu berbeda dengan berenang. Jadi musti mengetahui sedikit teknik-teknik nyelam amatir ,Selain itu, si penyelam juga harus mampu tahan nafas di dalam air cukup lama. Menurut salah satu penyelam molo, dia mampu nyelam hingga kedalaman 15-20 meter (sampai telinga sakit) dan berada didalam laut hingga 3-5 menit tanpa mengambil nafas.



Nah pertama-tama nih melihat kebawah laut dulu gan kira2 banyak ikannya ga?


Setelah itu mulai mempersiapkan senjatanya

ujungnya tajem gan terbuat dari besi,mirip seperti panah gitu

baru deh setelah semua peralatan siap mulai menyelam

biasanya setelah menarik nafas beberapa kali,baru penyelam mulai masuk ke dalam laut

biasanya molo dilakukan pada kedalaman 6-20m

dan lama mereka menahan napas biasanya diatas 5 menit (kadang klo molo dilakukan pada malam hari biasanya sambil merokok dan rokoknya dilipet pake lidah dan dimasukin ke mulut biar ga kena air)

setelah sampai ke dasar mulai deh berjalan kaki mencari ikan

liat tuh gan tanpa alas kaki nginjek2 batu karang.....kulitnya setebal apa ya?

setelah beberapa saat mencari,akhirnya terlihatlah ikannya dan mulai menembak

akhirnya dapet juga tangkapan,bersiap untuk kembali ke perahu

setelah menaruh ikan di perahu,maka sang penyelam masuk ke air lagi sampai jumlah tangkapannya banyak


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik