BAI News

Sabar Ya, Jalan Rusak Dibenahi Tahun Depan

Related Posts

Sabar Ya Jalan Rusak Dibenahi Tahun Depan
Pemeliharaan intensif terhadap jalan rusak baru akan dimulai pada 2012 mendatang. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengaku kekurangan sumber daya manusia sebagai penilik jalan.

"Penilik jalan ini yang akan bekerja rutin mengawasi jalan raya. Pada 2012 baru akan diwajibkan berjalan intensif. Mereka yang akan memeriksa adanya lubang atau keretakan pada jalan," terang Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Bina Marga PU Purnomo kepada Media Indonesia di Jakarta, Selasa (5/4).

Saat ini, lanjutnya, penilik jalan sudah ada tapi belum banyak jumlah sumber daya manusianya. Ia pun mengungkapkan kerusakan jalan terdiri dari tiga sebab. Sebab pertama adalah cuaca. Kedua, beban. Dan ketiga, pemeliharaan. "Cuaca itu kini berperan aktif terlebih dengan adanya perubahan iklim."

Purnomo pun mengungkapkan PU berencana memperbaiki sistem pemeliharaan yang tidak didasarkan pada kondisi reaktif seperti menambal jalan yang telah berlubang. Namun, sistem pemeliharaannya akan didasarkan pada kondisi preventif yakni jalan yang retak langsung diperbaiki.

Dukungan peralatan pun menjadi syarat utama. Menurut Purnomo, pertengahan 2011 ini peralatan baru bakal ada. PU memiliki peralatan untuk memperbaiki jalan yang terakhir dibeli pada tahun 1993 silam.

Tak hanya peralatan, PU juga mengembangkan teknologi dalam membuat jalan baru karena lingkungan yang selalu berubah. "Teknologi ini misalnya kami mengembangkan jenis aspal yang bersahabat dengan air. Dan penggunaan jalan beton disesuaikan dengan tempatnya," tukasnya.

Untuk masalah beban karena kelebihan beban pada jalan raya, ia menuturkan, pembicaraan dengan pihak perindustrian dan perhubungan telah dilakukan. "Idealnya, per detik itu kendaraan berjalan 1 meter. Tapi karena overload dan jalannya kendaraan dengan sistem stop and go, beban pada jalan meningkat dua kali lipat. Ini mempercepat kerusakan jalan," tutur Purnomo.

Berdasarkan data PU, persentase jaringan jalan yang berada dalam kondisi mantap meningkat 94%. Panjang jalan yang mendapat peningkatan kapasitas yakni sepanjang 19.370 km. Untuk program pemeliharaan rutin jalan yakni 34.870km dan jembatann 191.930 m membutuhkan dana sebesar Rp 1,763 triliun. Sementara, untuk program pemeliharaan berkala jalan sejumlah 1.360 km dan jembatan 17.310 m pada tahun anggaran 2011 ini membutuhkan dana Rp 3,285 triliun.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik