BAI News

Mengapa Hidung Lebih Sensitif Saat Lapar

Related Posts

Saat lapar, indra penciuman Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap aroma makanan. Mengapa? 

Berdasar penelitian Universitas Cincinnati, jawabannya mungkin hormon ghrelin. Hormon ini dapat meningkatkan kemampuan hidung mengendus makanan, selain menstimulus rasa lapar dan berperan dalam penyimpanan lemak. 

Berdasar penelitian tersebut, ghrelin berpotensi meningkatkan kemampuan indra penciuman mendeteksi makanan dan berperan dalam pengaturan tubuh terhadap sistem metabolisme serta berat badan.

Penelitian yang diterbitkan Journal Neurosciense ini dilakukan dengan uji coba terhadap manusia dan tikus. Pimpinan studi Dr Jenny Tong dan Dr Matthias Tschop, ahli endokrinologi mengatakan, ghrelin akan  menstimuluskan rasa lapar untuk meningkatkan sensitivitas indra penciuman. 

“Penelitian ini menunjukkan kelaparan dapat meningkatkan deteksi aroma,” ujar dr Tschop, seperti dikuti Health24. “Ghrelin adalah hormon perut lapar. Saat perut kosong hormon ini dirangsang muncul. Hormon ini juga bertanggung jawab meningkatkan sensitivitas hidung mendeteksi aroma.” 

Tschop mengatakan, temuan masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mengidentifikasi kemungkinan hormon ghrelin memengaruhi perilaku.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik