BAI News

Cara Penyimpanan Tentukan Umur Pangan

Related Posts

Selain tanggal kadaluarsa, cara penyimpanan bahan pangan juga ikut menentukan umur produk. Menurut Paul Van Landingham, dosen senior di Center for Food and Beverages Management of Johnson & Wales University, AS, sebaiknya makanan tidak disimpan dalam ruangan yang panas.
Suhu yang berbahaya untuk menyimpang makanan adalah antara lima hingga 60 derajat celcius. Makanan yang membutuhkan lemari es harus dijaga suhunya di bawah lima derajat. Ketika akan diangkut dari toko, makanan itu tidak boleh dibiarkan berada di mobil atau di meja, di atas temperatur yang seharusnya, lebih dari empat jam. Kita tidak pernah tahu berapa lama makanan itu sudah diekspos keluar. Jadi lebih baik segera disimpan dalam suhu yang benar.

VanLandingham juga mengingatkan bahwa lemari es tak selalu bersuhu lima derajat atau kurang. Ada saatnya lemari es kurang dingin saat kita membuka pintunya agak lama untuk mencari minuman atau makanan di dalamnya. Setiap bagian lemari es memiliki suhu yang berebeda. Laci dan rak kulkas juga bagian khusus daging punya suhu yang berbeda, sesuai kepentingannya.

Sangat disarankan agar kita tidak malas menulis tanggal pembelian di setiap bahan makanan, termasuk makanan kalengan. Kalau perlu, kita menggunakan indra penciuman untuk melacak kesegaran bahan makanan di lemari es. Dengan demikian, semua bahan pangan terjamin kesegarannya.

Tip pangan aman
Berikut ini tip keamanan bahan pangan dari Department of Agriculture Food Safety and Inspection Service Amerika Serikat:
- Belilah makanan jauh sebelum masa kadaluarsa.
- Bila makanan yang dibeli cepat rusak, segera bawa pulang setelah dibeli dan dimasukkan ke dalam lemari es.
- Sekali bahan makanan dibekukan, tak masalah jika sudah kadaluarsa karena makanan yang dibekukan terus masih aman. Namun, sekali sudah dikeluarkan dari lemari es di suhu ruangan, makanan itu harus dihabiskan dan tidak boleh disimpan lagi.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik