BAI News

Ingin Sehat? Yuk Belajar Teknik Pernapasan

Related Posts

Bernapaslah yang dalam agar udara di paru-paru mendapat udara baru. Ternyata, menurut para ahli, dengan rajin mengambil napas dalam-dalam, ada banyak manfaat sehat yang bisa didapat.

Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dengan menghirup napas dalam seperti dilansir Life Mojo:

1. Menghilangkan stres
Kesibukan harian dapat menaikkan tingkat stres Anda. Akibatnya pernapasan akan cepat dan tekanan darah tinggi. Hal tersebut buruk bagi kesehatan. Bernapas yang dalam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan stres dan menjernihkan pikiran. 

Ketika Anda bernafas dalam-dalam, oksigen mengirimkan sinyal ke otak untuk tenang dan rileks. Otak kemudian mengirimkan sinyal ini ke seluruh tubuh.

2. Menghilangkan kegelisahan
Kegelisahan berlebih dapat membahayakan kesehatan dan menimbulkan penyakit. Berlatih tehnik pernapasan dapat membantu menyegarkan dan memfokuskan pikiran, juga melepaskan kecemasan Anda.

Jika Anda merasakan gelisah saat ingin tampil di muka umum, cobalah ambil napas dalam-dalam. Oksigen yang terhirup akan mengalir melalui pembuluh darah Anda. 

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Jika dilakukan secara rutin, bernapas yang dalam dapat meningkatkan dan memperbaiki pengiriman oksigen ke organ tubuh. Hal tersebut membantu pengembangan seluruh sistem organ tubuh kita.

4. Membantu detoksifikasi
Siapa bilang racun dalam tubuh sulit dihilangkan? Ternyata detoksifikasi dapat dilakukan dengan bernapas dalam-dalam. Lakukanlah hal tersebut dengan benar setiap harinya. Udara baru yang mengalir dapat membuang racun dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan
Melakukan pernapasan dalam dapat mengeluarkan endorphines (bahan alami tubuh yang dapat menghilangkan rasa sakit) ke dalam tubuh. Juga dapat melemaskan otot-otot pada leher, punggung dan nyeri perut. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa tehnik pernapasan juga bermanfaat bagi penderita asma.

6. Menurunkan tekanan darah
Menurut sebuah studi yang diterbitkan The Lancet, pasien jantung yang bernapas 12 sampai 14 kali dengan napas pendek per menit cenderung memiliki kadar oksigen dalam darah yang rendah. Normalnya pernapasan enam kali napas per menit. Kekurangan oksigen dalam darah dapat mengganggu otot rangka, metabolisme tubuh, dan atrofi otot (penurunan massa otot). Rutin latihan pernapasan terbukti dapat mengurangi tekanan darah.

7. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental
Pernapasan dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dan sirkulasi dalam darah, memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah dan membantu pencernaan. Manfaat tersebut pada akhirnya membantu peningkatan kinerja mental dan energi Anda.

8. Relaksasi pada usus
Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan yang dalam dapat menenangkan dan membantu gerakan yang tepat bagi perut. Jika Anda mengalami masalah dengan buang air besar, cobalah mengambil napas dalam-dalam saat Anda duduk di toilet.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik