BAI News

Tips Umur Panjang Zaman Sekarang

Related Posts


Pada masa lalu umur manusia konon bisa mencapai ratusan tahun, namun pada zaman yang serba instan ini, usia manusia umumnya berakhir di angka 60.

Kembali ke pertanyaan awal apakah manusia bisa berumur hingga 120 tahun? Jawabannya ternyata bisa. Ini setidaknya hasil studi yang pernah dilakukan manusia masa sekarang terhadap mereka-mereka yang berumur panjang.

"Sebuah studi mengungkapkan tubuh manusia didesain mampu hidup 120 tahun," kata Dr. Handrawan Nadesul melansir penelitian Dr. Walter M. Bortz dalam Maximum Life Potential.

Handrawan memaparkan sebuah penelitian Universitas Harvard selama 25 tahun yang berjudul "The Okinawa Way", penelitian itu mencoba meneliti masyarakat Okinawa yang memiliki umur hingga 120 tahun.

Selidik punya selidik, kata dia, masyarakat yang tinggal di pulau bagian selatan Jepang memiliki pola gaya hidup yang sama dengan orang zaman dulu di Indonesia yaitu mengkonsumsi makanan alami.

"Back to nature dipegang teguh oleh mereka," kata Handrawan ketika menjadi pembicara dalam diskusi bertema "Hidup Itu Murah" di Healing Fest, Jakarta akhir pekan lalu.

"Sebenarnya menu orang zaman dulu sangat tepat, nasi, tahu tempe, sayur asam dan pisang," katanya.

Gaya hidup yang salah, itulah kunci mengapa umur orang zaman sekarang, meninggal pada usia muda dan tingginya akan kematian yang disebabkan penyakit seperti jantung dan kanker. .

Menurut Handrawan, kualitas hidup sehat adalah akumulasi dari kebiasaan, keyakinan, dan sikap yang dijalani selama masa hidup.

"Hidup adalah sebuah proyek andalah seorang manajernya, apa yang anda lakukan sekarang adalah investasi di masa tua," katanya.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk hidup murah dan berumur panjang yaitu pola makan, olah raga dan pengendalian stress.

Pola Makan
Mengapa pola makan sangat penting, Emilia Achmadi, Msc seorang praktisi nutrisi mengatakan apa yang kita hasilkan seperti tenaga dan pikiran berasal dari apa yang kita masukan ke dalam tubuh.

"What you eat, what you get," katanya ketika menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Ekstrimnya, Handrawan mengatakan, serangan jantung dan kanker adalah akumulasi dari apa yang kita makan selama 30 tahun lalu. Dia menganjurkan sebaiknya kita meniru gaya hidup warga Okinawa yang memakan makanan alami seperti ubi, buah-buahan dan ikan.

"Ubi mengandung unsur karbohidrat yang besar, serat yang banyak dan kandungan DEA untuk awet muda," katanya.

Hal senada dikatakan Lia, "kita harus tanamkan dalam pikiran kita, saya tidak ingin sakit dan saya harus melakukan apa saja agar saya tidak sakit," katanya.

Handrawan mengkritisi orang zaman sekarang yang sudah terpengaruh pola hidup modern, dimana orang-orang lebih banyak memakan daging seperti steak, ayam goreng sedangkan tubuh lebih membutuhkan karbohidrat.

"Manusia diciptakan untuk lebih banyak memakan nasi ketimbang daging dilihat dari jumlah gigi geraham dan taring," katanya.

Dia menganjurkan untuk menjauhi makan olahan (junk food) seperti burger, steak, makanan kalengan dan menu cepat saji yang miskin gizi tapi kaya lemak, gula dan garam.

"Makanan junk food dan fast food merupakan 'menu ampas' sebab sudah banyak gizi yang hilang akibat cara panen, cara simpan, dan cara olah," katanya.

Hal itu bukan berarti kita tidak boleh memakan daging, tetapi komposisi makanannya yang harus seimbang, Lia bermisal komposisi makanan buah-buahan dan sayur-sayuran harus lebih banyak dari daging.

"Jadi kita harus memperhatikan apa yang kita asup ke dalam mulut, jangan menuruti kemauan nafsu makan mau ini dan itu," katanya.

Handrawan mengatakan, ada baiknya jika makan secukupnya jangan berlebihan dan usahakan pola makan kita ada empat dan lima jenis. Dia bermisal tidak boleh nasi dan soto saja, jadi harus ada nasi, soto, ikan dan buah-buahan.

"Pola makan tidak boleh terlalu rakus," katanya.

Jalan Kaki
Memakan makanan yang bergizi tidak cukup tanpa disertai olah raga yang teratur. Handrawan menggambarkan kualitas tubuh kita ditentukan oleh seberapa bergizi asupan makanan ke dalam tubuh, asupan makan dialirkan oleh darah melalui pembuluh darah dan jantung berfungsi sebagai pemompa darah yang membawa asupan makanan ke seluruh tubuh.

Sekarang apa yang harus dilakukan agar jantung memiliki kinerja yang optimal yaitu dengan olah raga. Jika tidak berolah raga maka kinerja jantung akan lemah dan aliran darah tidak lancar.

"Hal itu yang membuat orang itu terlihat lesu dan sakit tapi dia sebenarnya tidak lesu dan sakit," katanya.

Darah dikatakan sehat, kata Handrawan, kalau ada muatan oksigen oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan olah raga pernafasan (lewat gerak badan atau meditasi) selain memakan makanan yang berkualitas.

Sel-sel tubuh terus membentuk jaringan lalu jaringan itu yang membentuk organ. Jika organ tubuh tidak mendapatkan makanan yang optimal maka, mereka akan cepat mengalami kemunduran fungsi organ (disfungsi).

Hal itu disebabkan oleh pembuluh darahnya yang sudah tidak sehat, kualitas darah yang kurang gizi dan kinerja jantung yang sudah lemah. orang yang rajin berolah raga maka jantung akan memompa darah lebih deras.

"Jika pompa darah tidak deras maka sel-sel itu tidak akan sampai ke seluruh tubuh," katanya.

Selain itu olah raga secara teratur akan membuat ratusan otot di dalam tubuh tidak kaku. Oleh karena itu, dia menganjurkan untuk melakukan brisk walk (jalan tergopoh-gopoh) selama 40 menit dalam sehari. Seharusnya orang tua juga mengolah-ragakan anaknya dari kecil sehingga budaya itu akan terbawa hingga dewasa.

Tertawa Terbahak-bahak
"Tidak ada manusia yang tidak stres, yang penting bagaimana pengaturan stres itu sendiri," katanya.

Stres tentu juga akan merusak badan, oleh karena itu, dia menyarankan untuk menyempatkan diri berekreasi atau mencari waktu dan ruang untuk menyalurkan segala penat-penat anda.

Dia mengatakan, kunci ampuh untuk mengatasi stres ialah tertawa terbahak-bahak, tertawa menyehatkan jantung dan paru-paru juga menambah deras aliran darah. Tertawa mengeluarkan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) untuk mengendurkan rasa pedih dalam kehidupan.

"Tertawalah sehari tiga kali sehari dan hormon endorfin adalah hormon yang sama ketika orang sedang melakukan hubungan intim," katanya.

Ah ternyata untuk hidup sehat dan panjang umur itu murah hanya makan nasi ditambah tahu, tempe dan sayur asam lalu jalan kaki tiap hari dan tertawa. Buktikan saja!


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik