BAI News

AL Australia Ringkus Perompak Somalia

Related Posts

Angkatan laut (AL) Australia berhasil menyelamatkan tiga warga Yaman yang disandera oleh perompak di perairan Somalia. Mereka sebelumnya telah ditahan perompak selama 20 hari.

Dilansir dari laman The Australian, Kamis, 14 April 2011, drama penyelamatan sandera di kapal layar kecil, Al Shahar, milik tiga nelayan Yaman, berlangsung sangat singkat. Pada kapal tersebut, sebanyak 15 perompak Somalia bersenjatakan AK-47 dan pelontar granat dibuat bertekuk lutut oleh tentara Australia dari kapal HMAS Stuart.

Peristiwa ini terjadi pada Senin, 11 April 2011, namun baru terungkap ke media pada hari ini.

Menggunakan boat kecil, para tentara AL Australia mendekati kapal Al Shahar untuk melumpuhkan para perompak. Dengan gerak cepat, pasukan AL Australia berhasil naik ke kapal, dan menguasainya tanpa perlu menembakkan peluru. Terkejut, 15 orang perompak Somalia langsung menyerah tanpa perlawanan.

"Tidak ada satu pun tembakan yang dilepaskan, baik oleh tentara HMAS Stuart maupun oleh para perompak. Juga tak ada ancaman dari para perompak yang akan melukai sandera, ketika mereka melihat pasukan kami cepat menguasai kapal," ujar kepala AL operasi gabungan, Mark Evans.

"Pasukan penyerbu dari Stuart melakukan semuanya dengan baik, dengan mempertimbangkan keselamatan sandera, dan memastikan situasi tak berkembang menjadi membahayakan," ujarnya lagi.

Para perompak ini dilepaskan karena penangkapan dilakukan di perairan Somalia dengan sistem hukum berbeda. Ditambah lagi, para sandera adalah warga Yaman yang juga memiliki sistem hukum berbeda dengan Australia. 

Sebelum dilepaskan, para perompak diberikan minuman, makanan, bahan bakar, dan radio komunikasi agar dapat kembali ke wilayah mereka.

Australia dengan kapal perang Stuart tergabung dalam gugus tugas internasional 150 yang berpatroli di perairan Teluk Aden. Selain Australia, beberapa negara juga tergabung dalam gugus tugas ini, diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Korea, Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Pakistan, Thailand, Italia, Belanda, Selandia Baru, Portugal, Singapura, Spanyol dan Turki.(kb)


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik