BAI News

Tips Dalam Mengisi Bensin

Related Posts

http://4.bp.blogspot.com/_9WIFg9np334/S_zaY-EpkuI/AAAAAAAAAZQ/rXQozhXj-Zc/s1600/bensin.jpg
Buat yang punya kendaraan ga ada salahnya dibaca dulu tipsnya

1. ISI BENSIN "HANYA" DI PAGI HARI, saat suhu permukaan tanah
masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai! Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenarnya.

Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE, *ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service. Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?). trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran. Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

3. ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full), Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?

mungkin gini: kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

4. SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi bensin, Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.


Sumber: 
http://www.kliktujuh.blogspot.com/2011/07/tips-dalam-mengisi-bensin.html#axzz1s3wMGfeK


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

1 komentar:

  1. baru tahu kalo ngisi bensin ternyata ada trik na juga hehehe...

    BalasHapus


Arsip Blog

Followers

Statistik