BAI News

Samsung Akhiri Kepemimpinan Nokia?

Related Posts

Nokia sudah berkuasa sebagai produsen ponsel terbesar di dunia selama 14 tahun. Berbagai analisis menyebutkan, kekuasaan Nokia dalam waktu sangat lama itu kini telah ditumbangkan oleh Samsung.

Analisis yang dikumpulkan jaringan berita internasional Reuters menyebutkan bahwa penjualan total ponsel Samsung melampaui penjualan Nokia pada periode Januari sampai Maret 2012. Ini adalah pertama kalinya Samsung mengalahkan penjualan Nokia.

Dalam 3 bulan pertama 2012 Samsung diperkirakan menjual 88 juta unit ponsel. Sedangkan Nokia 83 juta unit. Jumlah tersebut masih perlu dikonfirmasi lagi dalam laporan keuangan Nokia maupun Samsung.

Dalam beberapa tahun terakhir, Nokia memang keteteran di jagat smartphone setelah kedatangan iPhone dan Android. Namun posisi mereka masih kuat di pasar low end. Sayang, mereka agaknya tidak dapat mempertahankan kepemimpinan tersebut.

"Setelah 14 tahun menjadi pembuat ponsel terbesar secara global, turun dari posisi top menjadi tamparan bagi Nokia. Secara kontras hal itu akan disambut dengan euphoria oleh Samsung," kata Ben Wood, Head of Research di CCS Insight. 

Nokia jadi produsen ponsel terbesar dunia sejak tahun 1998 setelah menumbangkan Motorola. Mereka pernah menguasai 40% market share sebelum kedatangan iPhone dan Android yang kini merajalela. Nokia kini sedang berjuang meraih kembali kejayaannya dengan Windows Phone.

"Saya kira ini akan melukai mereka dari perspektif public relation, namun pada kenyataannya tidak mengubah apapun. Di akhir hari, masalahnya akan tetap sama meski mereka nomor satu ataupun nomor dua," kata Carolina Milanesi, analis di Gartner.



sumber: http://www.kabarsantai.info/2012/04/samsung-akhiri-kepemimpinan-nokia.html


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik