BAI News

Gempa Aceh, Pasien RS Banda Aceh Dievakuasi

Related Posts

Lindu berkekuatan 8,9 skala Richter menghantam Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam, Rabu, 11 April 2012, pukul 15.38 waktu Indonesia bagian barat.

Akibat gempa yang berada di sekitar 346 pantai barat Aceh berkedalaman 10 kilometer itu membuat masyarakat setempat panik, listrik mati, dan seluruh pasien rumah sakit di Banda Aceh dievakuasi.

Menurut pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat ini sulit berkomunikasi melalui telepon ke Banda Aceh. "Kami kesulitan menghubungi sumber di sana karena telepon tak berfungsi, bahkan listrik mati," ujar Teddy Darmawan, tim radio BNPB, kepada Tempo, Rabu petang. 

Hingga saat ini, tutur Teddy, jumlah kerusakan gedung atau bangunan lainnya belum bisa dihitung. Informasi yang diperoleh BNPB menyebutkan, sejak gempa pertama masih ada lindu susulan. "Terjadi dua kali gempa susulan, terasa kuat dan lemah," kata Teddy mengutip keterangan Harnizal dari Komunitas Radio Bencana Aceh.

Provinsi Nagroe Aceh Darussalam pernah dilanda gempa pada 26 November 2004 berkekuatan 8,5 skala Richter di Samudera India berkedalaman 20 kilometer atau berjarak sekitar 149 kilometer dari Meulaboh.

Lindu kuat tersebut menimbulkan tsunami yang menyapu hampir seluruh wilayah pantai bagian barat Aceh, Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, dan Bengkulu. Jumlah korban tewas diperkirakan mencapai 200 ribu orang.


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Arsip Blog

Follow by Email

Followers

Statistik