BAI News

Windows 8 Hanya Butuh 8 Detik untuk Booting

Related Posts


Salah satu kelebihan yang diusung oleh Windows 8, sistem operasi terbaru Microsoft yang diluncurkan di konferensi BUILD, di Anaheim, California, AS, Selasa (13/8/2011) ialah waktu booting yang super cepat. Seperti dilansir Techradar hari ini, kecepatan booting Windows 8 lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan monitor untuk menyala.

"Ini hampir lebih cepat dari kecepatan monitor untuk menyala dan kadang lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan fan untuk menyala," kata Michael Anguilo, kepala ekosistem Windows 8 Microsoft. Anguilo menambahkan, tak ada lagi flashing layar BIOS. "Tak ada karakter aneh yang terlihat. Ini akan langsung ke layar mula," ujarnya.

Situs Crazyengineer dalam laporannya menyebutkan bahwa Windows 8 hanya butuh waktu 8 detik untukbooting. Kecepatan booting ini merupakan hasil dari teknik "hibernasi" yang dikembangkan Microsoft. Teknik ini memungkinkan Windows 8 untuk menyimpan data aplikasi yang pernah dibuka dan dokumen yang tak tersimpan sehingga booting lebih cepat.

Tampilan baru Windows 8
Teknik "hibernasi" yang diaplikasikan bukan "hibernasi" total. Dalam arti, Windows 8 tidak menyimpan seluruhrunning application namun hanya sesi inti. Ini membantu sistem operasi sehingga tidak harus membangun seluruh data penggunaan pada sesi sebelumnya dan demikian lebih hemat waktu.

Booting yang super cepat menjadi salah satu pengalaman menyenangkan menggunakan Windows 8. Lebih lagi, ketika layar mula telah terbuka, Windows 8 juga menjanjikan tampilan yang segar, menu yang disusun rapi dengan desain Metro. Akses ke jejaring sosial juga bisa langsung dilakukan di layar mula.

Pengalaman yang berbeda juga diberikan Windows 8 ketika pengguna log on. Untuk log on, pengguna bisa melakukan dengan berbagai cara, mulai dari memasukkan password konvensional maupun PIN  terdiri dari 4 karakter. Ada juga Password Gambar, di mana pada device layar sentuh, pengguna cukup mengusap foto tersebut dengan cara tertentu untuk log on.

Soal booting sendiri, bukan hanya kecepatan yang dijanjikan, tetapi juga aman. Windows 8 dilengkapi dengan Secure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI sehingga bisa melindungi PC dari malware saatbooting. Dengan ini, Windows 8 menjanjikan keamanan sejak sebuah PC, notebook, ataupun tablet dinyalakan.

Sumber : KOMPAS Tekno


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Follow by Email

Followers

Statistik