BAI News

Asap Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Related Posts

polusi udara


Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat harus melewati jalan raya. Hal ini bukan hanya demi kesehatan paru-paru tetapi juga jantung Anda. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Edinburgh, partikel kecil hasil pembakaran mesin diesel berbahaya bagi pembuluh darah dan dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan pembekuan darah di arteri, yang bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Peneliti mengukur efek dari asap knalpot diesel pada relawan sehat yang tinggal di kota-kota sangat tercemar. Mereka lalu membandingkan bagaimana orang bereaksi terhadap gas yang ditemukan dalam asap diesel, seperti karbon monoksida dan nitrogen dioksida, yang memicu munculnya partikel kecil berbahaya. 

Penelitian yang didanai oleh British Heart Foundation ini menunjukkan bahwa partikel kecil, dan bukan gas memicu gangguan fungsi pembuluh darah yang mengontrol bagaimana darah disalurkan ke organ tubuh. Ukuran partikel ini kurang dari satu per satu juta meter. Dengan ukuran sekecil itu, partikel dapat melewati saringan dari emisi gas buang.

"Banyak orang yang cenderung berpikir efek dari polusi hanya pada kerusakan paru-paru. Tetapi terdapat bukti kuat dapat memicu gangguan jantung dan pembuluh darah," kata Dr. Miller, salah satu peneliti seperti dikutip Daily Mail. 

Partikel yang ditemukan pada asap pembakaran diesel mengandung molekul partikel reaktif, yang disebut radikal bebas. Hal inilah yang bisa melukai pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.



sumber


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik