BAI News

Air kolam renang bisa merusak gigi

Related Posts

Berenang di kolam renang memang sangat menyegarkan, apalagi dilakukan saat udara panas. Namun sebuah penelitian memperingatkan kandungan berbahaya yang ada di air kolam renang yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi.

Air kolam renang bisa merusak gigi secara cepat terutama bila kegiatan berenang sering dilakukan di dalam air kolam dengan kandungan klorin dan level pH yang tidak dikontrol dengan baik.

Peneliti merefer pada sebuah kasus baru-baru ini pada seorang pasien pria berusia 52 tahun dengan mengeluh terutama karena terjadinya kerusakan pada gigi yaitu gigi yang sangat sensitif, berwarna gelap, dan kehilangan enamel secara cepat hanya selama periode lima bulan terakhir. Ternyata penyebab utama berkurangnya enamel pasien tersebut dalam waktu singkat adalah latihan renang selama 90 menit yang dilakukannya secara rutin.

“Pemberian chlorine pada kolam renang yang tidak dikontrol dengan baik dapat menyebabkan erosi yang cepat dan berlebihan pada enamel gigi,” kata Leila Jahangiri assosiate profesor klinis prostodonsia dari New York University (NYU). “Memang cukup sulit untuk selalu menjaga keseimbangannya untuk mempertahankan dengan benar kondisi air kolam rumah,” Jahangiri berpendapat. Namun, “Kandungan klorin dan pH pada air kolam renang perlu dipantau dan dipelihara setiap minggu.” [Channel Fit]


source


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Arsip Blog

Followers

Statistik