BAI News

Suku - suku Indian di Amerika (full version)

Related Posts

[Image: id-utama.jpg?w=312&h=420]
Apache


Suku Apache adalah nama dari suku Indian yang berdiam di Benua Amerika. Mereka adalah suku yang kuat dan memiliki strategi perang yang handal. Suku ini bermusuhan dengan bangsa kulit putih. Dalam pertempuran melawan kulit putih mereka selalu menang. Kekalahan pertama terjadi pada tahun 1886.

Dahulu Suku Apache tinggal di barat daya Meksiko dan Arizona bagian tenggara. Baru-baru ini, mereka berpindah dari utara ke selatan Amerika. Suku ini terdiri dari beberapa kelompok utama, di antaranya adalah Mescalero, Mogollon, Coyotero, Arivaipa, Naisha, Tchishi, Faraone, Lanero, Gileno, Chiricahua, Mimbreno, dan Tchikun. Saat ini jumlah populasi suku ini yang tersisa hanya sebanyak 11.000 jiwa yang tersebar di Oklahoma, Arizona, dan New Meksiko.

Sejarah Permusuhan dengan Kulit Putih

Suku apache merupakan salah satu rumpun suku Indian yang hidup di benua Amerika. Suku ini bisa dikatakan sebagai suku asli yang telah ada sejak zaman dahulu sebelum Christoper Colombus menemukan benua Amerika.

Sejak kedatangan Colombus, orang-orang kulit putih berdatangan ke Amerika untuk kemudian tinggal dan menetap di sana. Kedatangan orang-orang kulit putih ini awalnya disambut baik oleh suku Indian. Mereka mengadakan penghormatan khusus secara sakral atas kedatangan kaum kulit putih tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang kulit putih mulai merampas tanah-tanah milik orang Indian. Mereka diperlakukan tidak adil dan kejam, tak jarang terjadi pertumpahan darah.

Suku Indian dipaksa menyingkir dari tanah kelahirannya, mereka sering dikejar dan diusir dari wilayah teritorialnya. Tidak sedikit tanah suku Indian yang dibeli tanpa dibayar. Terkadang tanah tersebut dibarter dengan barang-barang yang tak berharga yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi sebagai imbalan. Dan pada akhirnya suku Indian terpaksa mengungsi ke pelosok-pelosok hutan belantara, untuk menghindari tindakan kejam dari orang-orang kulit putih itu.

Berlatar belakang persitiwa tersebutlah, hingga saat ini suku apache terus mengibarkan bendera permusuhan dengan orang kulit putih. Karena rasa kecewa yang mendalam mereka membunuh setiap orang kulit putih yang ditemui.

Tak dapat dielakkan, terjadilah pembantaian masal yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang-orang suku Indian. Tentu saja suku-suku ini pada akhirnya mengalami kekalahan, karena yang mereka hadapi adalah orang-orang dengan peradaban yang maju, yang memiliki persenjataan lengkap seperti pistol dan senapan. Sehingga populasi suku inidan dan suku apache khususnya semakin berkurang, dan kebanyakan dari mereka tinggal di pedalaman.

Sioux
Sioux The ( / s u ː / ) adalah penduduk asli Amerika dan Bangsa Pertama orang-orang di Amerika Utara. Istilah ini dapat merujuk kepada satu kelompok etnis dalam Great Sioux Nation atau salah satu dari yang banyak bahasa dialek bangsa itu. Sioux terdiri atas tiga divisi utama berdasarkan Siouan dialek dan subkultur:
Isáŋyathi atau Isáŋathi ("Pisau," berasal dari nama sebuah danau di sekarang Minnesota ): berada di timur ekstrim dari Dakota , Minnesota dan utara Iowa , dan sering disebut sebagai Santee atau Timur Dakota.
Iháŋkt ȟ uŋwaŋ dan Iháŋkt uŋwaŋna ȟ ("Desa-di-the-end" dan "kecil desa-di-ujung"): berada di Sungai Minnesota daerah, mereka dianggap sebagai Sioux menengah, dan sering disebut sebagai Yankton dan Yanktonai, atau, secara kolektif, sebagai Wičhíyena ( endonym ) atau Dakota Barat (dan telah keliru diklasifikasikan sebagai " Nakota " ).
Thit ȟ uŋwaŋ atau Teton (tidak pasti, mungkin "penghuni di Prairie"; nama ini adalah kuno antara pribumi, yang lebih memilih untuk menyebut diri Lak ȟ Ota ) Sioux barat, yang dikenal untuk berburu dan budaya mereka prajurit, sering disebut sebagai yang Lakota .
Saat ini, Sioux mempertahankan terpisah pemerintah banyak suku yang tersebar di beberapa pemesanan, masyarakat, dan cadangan di Dakota, Nebraska , Minnesota, dan Montana di Amerika Serikat, dan Manitoba dan selatan Saskatchewan di Kanada .

Asal-usul Nama

Nama "Sioux" adalah bentuk singkatan dari Nadouessioux meminjam ke Perancis Kanada dari Nadoüessioüak dari awal Odawa exonym : naadowesiwag "Sioux". [5] Jean Nicolet mencatat penggunaan pada tahun 1640. [6] The Proto-Algonquian bentuk * na · wa · Towe, yang berarti "Iroquoian Utara", telah refleks dalam beberapa bahasa anak yang mengacu pada ular kecil ( massasauga , Sistrurus). [7] Informasi ini ditafsirkan oleh beberapa bahwa pinjaman Ottawa adalah sebuah penghinaan. Namun, ini Proto- Algonquian istilah yang paling mungkin pada akhirnya berasal dari bentuk *- Towe  °, berarti hanya untuk "berbicara bahasa asing", Belakangan ini diperpanjang dalam arti di beberapa bahasa Algonquian untuk merujuk pada massasauga . Dengan demikian, bertentangan dengan banyak akun, maka naadowesiwag Odawa kata tua tidak menyamakan Sioux dengan ular. Hal ini tidak dikonfirmasi meskipun, karena penggunaan beberapa dekade sebelumnya telah menyebabkan istilah ini memiliki konotasi negatif bagi mereka suku yang dimaksud. Ini akan menjelaskan mengapa banyak suku telah menolak istilah ini sebagai exonym .
Beberapa suku telah secara formal maupun informal mengadopsi nama tradisional: Suku Sioux Rosebud juga dikenal sebagai Oyáte Sičháŋǧu, dan Oglala sering menggunakan nama Oglála Lak ȟ Ota Oyáte, bukan bahasa Inggris "Oglala Suku Sioux" atau OST. Ejaan alternatif Inggris Ogallala dianggap tidak layak.

Očhéthi Šakówiŋ

Sioux historis mengacu pada Great Sioux Nation sebagai Šakówiŋ Očhéthi (diucapkan [otʃ ʰ et ʰ i ʃakowĩ] ), yang berarti "Tujuh Dewan Kebakaran". Setiap api simbolis dari oyate (orang atau bangsa). Tujuh negara yang terdiri dari Sioux adalah: Bdewákaŋthuŋwaŋ ( Mdewakanton ), Wa ȟ péthuŋwaŋ ( Wahpeton ), Wa ȟ pékhute ( Wahpekute ), Sisíthuŋwaŋ ( Sisseton ), yang Iháŋkthuŋwaŋ ( Yankton ), Iháŋkthuŋwaŋna ( Yanktonai ) thit ȟ uŋwaŋ (Teton atau Lakota ). The Tujuh Dewan Kebakaran akan berkumpul setiap musim panas untuk menahan dewan, memperbaharui ibadah, memutuskan hal-hal suku, dan berpartisipasi dalam Dance Sun . Tujuh divisi akan memilih empat pemimpin yang dikenal sebagai Wičháša Yatápika dari antara para pemimpin divisi masing-masing. Menjadi salah satu dari empat pemimpin dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi seorang pemimpin, namun pertemuan tahunan berarti pemerintahan suku mayoritas yang dirawat oleh para pemimpin biasa setiap divisi. Pertemuan terakhir Dewan Tujuh Kebakaran di tahun 1850.
Hari ini Teton, Santee, dan Ihantowan / Ihanktowana biasanya dikenal, masing-masing, sebagai Lakota, Dakota Timur, atau Barat Dakota. Dalam salah satu dari tiga dialek utama, "Lakota" atau "Dakota" menerjemahkan ke berarti "teman," atau lebih baik, "sekutu." Penggunaan Lakota atau Dakota kemudian dapat merujuk pada aliansi yang pernah terikat Great Sioux Nation.

Sejarah

Dakota yang pertama tercatat telah berada di sumber sungai Mississippi pada abad ke tujuh belas. Pada 1700 beberapa dari mereka pindah ke hari South Dakota-sekarang. Pada akhir abad ke-17, Dakota mengadakan aliansi dengan pedagang Prancis. Orang Prancis sedang berusaha untuk mendapatkan keuntungan dalam perjuangan untuk perdagangan bulu Amerika Utara melawan Inggris, yang baru saja mendirikan Perusahaan Hudson's Bay.

Iroquois
Iroquois (diucapkan / ɪrəkwɔɪ / ), juga dikenal sebagai Haudenosaunee atau "Orang-orang dari rumah panjang ", adalah sebuah asosiasi dari beberapa suku penduduk asli Amerika Utara. Setelah berbahasa masyarakat Iroquoian bersatu sebagai suku yang berbeda, berdasarkan kebanyakan di zaman sekarang bagian utara negarabagian New York tengah dan, pada abad ke-16 atau sebelumnya mereka datang bersama dalam sebuah asosiasi yang sekarang dikenal sebagai Liga Iroquois, atau "Liga Perdamaian dan Power ". The Iroquois asli Liga sering dikenal sebagai Lima Bangsa, seperti yang terdiri dari Mohawk , Oneida , Onondaga , Cayuga dan bangsa-bangsa Seneca . Setelah Tuscarora bangsa bergabung dengan Liga pada tahun 1722, yang Iroquois dikenal sebagai Enam Negara. Liga diwujudkan dalam Dewan Grand, majelis keturunan lima puluh sachems .
Ketika Eropa pertama tiba di Amerika Utara, Iroquois didasarkan pada apa yang sekarang timur laut Amerika Serikat , terutama dalam apa yang disebut hari ini sebagai bagian utara New York sebelah barat Sungai Hudson dan melalui Danau Finger daerah. Hari ini, Iroquois hidup terutama di New York, Quebec dan Ontario .
Liga Iroquois juga telah dikenal sebagai Konfederasi Iroquois. Beberapa ulama modern sekarang membuat perbedaan antara Liga dan Konfederasi. Menurut penafsiran ini, Liga Iroquois mengacu pada dan budaya lembaga seremonial diwujudkan dalam Dewan Grand, sedangkan Konfederasi Iroquois adalah kesatuan politik dan diplomatik desentralisasi yang muncul dalam menanggapi kolonisasi Eropa. Liga masih ada. Konfederasi ini dibubarkan setelah kekalahan Inggris dan sekutu bangsa Iroquois dalam Perang Revolusi Amerika.

Nama

Iroquois menyebut diri mereka sebagai "Haudenosaunee", yang berarti "Orang-orang dari rumah panjang itu," atau lebih tepatnya, "Mereka Apakah Membangun Rumah Panjang." Menurut tradisi mereka, The Great Peacemaker memperkenalkan nama pada saat pembentukan Liga. Ini menyiratkan bahwa bangsa-bangsa dari Liga harus hidup bersama sebagai keluarga di rumah panjang yang sama. Secara simbolis, yang Mohawk adalah penjaga pintu timur, karena mereka terletak di timur terdekat ke Hudson, dan Seneca adalah penjaga pintu barat dari "rumah panjang suku", wilayah mereka mengendalikan di New York. The Onondaga, tanah air yang berada di pusat wilayah Haudenosaunee, adalah penjaga Liga (baik literal dan kiasan) api pusat. Koloni Perancis yang disebut Haudenosaunee dengan nama Iroquois. Nama itu asal beberapa kemungkinan:
Perancis transliterasi dari irinakhoiw, sebuah Huron (Wyandot) nama untuk Haudenosaunee. Digunakan dengan cara yang menghina, itu berarti "ular hitam" atau "nyata adders ". Para Haudenosaunee dan Huron adalah musuh tradisional, sebagai Huron bersekutu dengan Perancis dan berusaha untuk melindungi akses mereka ke pedagang bulu.
Perancis linguis , seperti Henriette Walter, dan antropolog , seperti Dean Salju , mendukung penjelasan berikut. Sebelum kolonisasi Perancis, nelayan Basque diperdagangkan dengan Algonquins , yang adalah musuh Haudenosaunee tersebut. Para ulama di atas berpikir "Iroquois" berasal dari Basque ekspresi, hilokoa, yang berarti "orang pembunuh". Karena tidak ada "L" suara dalam bahasa Algonquian dari Teluk Saint Lawrence daerah, suku-suku Algonquian menggunakan nama Hirokoa untuk Haudenosaunee. Mereka menerapkan ini ke pidgin bahasa yang mereka gunakan dengan Basque. Perancis diterjemahkan kata fonetik sendiri sesuai dengan aturan mereka dan tiba di "Iroquois".

Sejarah

Pembentukan Liga
Anggota Liga berbicara Iroquoian bahasa yang jelas berbeda dari speaker Iroquoian lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa sementara suku-suku yang berbeda Iroquoian memiliki asal sejarah dan budaya umum, mereka menyimpang sebagai masyarakat selama waktu yang cukup lama bahwa bahasa mereka menjadi berbeda. arkeologi menunjukkan bukti bahwa nenek moyang Iroquois tinggal di wilayah Danau Finger dari setidaknya 1000 AD

Setelah menjadi bersatu di Liga, yang Iroquois menyerbu Lembah Sungai Ohio di sekarang Kentucky untuk mencari alasan berburu tambahan. Menurut salah satu teori pra-kontak, itu Iroquois yang, sekitar 1200, telah mendorong suku-suku di Sungai Ohio lembah, seperti Quapaw (Akansea) dan Ofo ( Mosopelea ) dari wilayah itu dalam migrasi barat Sungai Mississippi . Tapi, Robert La Salle mencantumkan Mosopelea antara masyarakat Lembah Ohio dikalahkan oleh Iroquois pada awal 1670s, selama kemudian Wars Berang-berang . Pada 1673, kelompok yang berbahasa Siouan telah menetap di Midwest, mendirikan apa yang dikenal sebagai wilayah historis mereka. Sama seperti orang-orang Siouan mengungsi oleh Iroquois, mereka pengungsi yang kurang kuat suku-suku yang mereka temui, seperti Osage , yang bergerak ke barat lebih lanjut.
Liga Iroquois didirikan sebelum menghubungi Eropa utama . Kebanyakan arkeolog dan antropolog percaya bahwa Liga dibentuk suatu antara sekitar 1450 dan 1600. Sebuah klaim beberapa telah dibuat untuk tanggal yang lebih awal, satu studi baru-baru ini menyatakan bahwa Liga dibentuk pada 1142, berdasarkan gerhana matahari pada tahun itu yang tampaknya cocok satu tradisi lisan . Antropolog Dean Snow berpendapat bahwa bukti arkeologi tidak mendukung tanggal yang lebih awal dari 1450, dan yang mengklaim baru-baru ini untuk kencan jauh lebih awal "bisa untuk kontemporer tujuan politik ".
Menurut tradisi, Liga dibentuk melalui upaya dua orang, Deganawida , kadang-kadang dikenal sebagai Peacemaker Agung, dan Hiawatha . Mereka membawa pesan, yang dikenal sebagai Hukum Besar Perdamaian , kepada bangsa-bangsa Iroquoian pertengkaran. Negara-negara yang bergabung dengan Liga adalah Seneca , Onondaga , Oneida , Cayuga dan Mohawk . Setelah mereka menghentikan sebagian besar pertikaian mereka, Iroquois cepat menjadi salah satu kekuatan terkuat di ke-17 dan abad ke-18 timur laut Amerika Utara.
Menurut legenda, seorang kepala suku Onondaga jahat bernama Tadodaho adalah yang terakhir yang akan dikonversi ke cara perdamaian oleh The Great Peacemaker dan Hiawatha. Ia menjadi pemimpin spiritual Haudenosaunee. Hal ini dikatakan telah terjadi pada Onondaga Danau dekat Syracuse, New York . Judul Tadodaho masih digunakan untuk pemimpin spiritual liga, kepala kelima puluh, yang duduk dengan Onondaga di dewan. Dia adalah satu-satunya dari lima puluh telah dipilih oleh rakyat seluruh Haudenosaunee. The Tadodaho saat ini Sid Bukit Bangsa Onondaga.

Cherokee
Cherokee (Inggris pengucapan: / ʧer.ə.ki ː / , Cherokee : Ꮳ Ꮃ Ꭹ, Tsalagi) adalah penduduk asli Amerika orang historis menetap di Amerika Serikat tenggara (terutama Georgia , Carolina dan Tennessee Timur ). Linguistik, mereka adalah bagian dari rumpun bahasa Iroquoian . Pada abad ke-19, sejarawan dan ahli etnografi dicatat tradisi lisan mereka yang menceritakan tentang suku yang bermigrasi ke selatan pada zaman kuno dari Great Lakes daerah, dimana masyarakat Iroquoian berbahasa lainnya berada.
Pada abad ke-19, pemukim kulit putih di Amerika Serikat disebut sebagai salah satu Cherokee dari " Lima Suku Madani ", karena mereka telah berasimilasi praktek-praktek budaya dan berbagai teknologi Amerika Eropa pemukim. Menurut Sensus 2000 Amerika Serikat, maka Bangsa Cherokee memiliki lebih dari 300.000 anggota, yang terbesar dari 565 suku-suku asli Amerika yang diakui pemerintah federal di Amerika Serikat.
Dari tiga Cherokee suku diakui federal, Bangsa Cherokee dan Serikat Keetoowah Band of Cherokee Indian memiliki kantor pusat di Tahlequah , Oklahoma . Mereka dipindahkan secara paksa ada di tahun 1830-an. The Band Timur Cherokee Indian terletak di Batas Qualla di bagian barat North Carolina .

Budaya

Banyak dari apa yang diketahui tentang pra-abad ke-18 budaya asli Amerika, termasuk Cherokee, telah datang dari catatan ekspedisi Spanyol. Beberapa pekerjaan ini tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan tersedia untuk sejarawan sampai abad ke-20. Selain itu, dominasi kolonis Inggris selama Tenggara menyebabkan diskon sumber Spanyol selama beberapa waktu.
American penulis John Howard Payne menulis tentang pra-abad ke-19 Cherokee budaya dan masyarakat. Koran-koran Payne menggambarkan rekening oleh para tetua Cherokee struktur dua bagian tradisional masyarakat. Sebuah "putih" organisasi tua-tua mewakili tujuh marga. Sebagai Payne diceritakan, kelompok ini, yang turun temurun dan imam , bertanggung jawab untuk kegiatan keagamaan, seperti penyembuhan, pemurnian, dan doa. Kelompok kedua laki-laki yang lebih muda, "merah" organisasi, bertanggung jawab untuk melakukan perang. The Cherokee dianggap peperangan kegiatan polusi, dan prajurit diperlukan pemurnian kelas imam sebelum peserta bisa kembali berintegrasi ke dalam kehidupan desa normal. Hirarki ini telah hilang jauh sebelum abad ke-18.
Para peneliti telah memperdebatkan alasan untuk perubahan. Beberapa sejarawan percaya bahwa penurunan daya imam berasal dengan pemberontakan oleh Cherokee terhadap penyalahgunaan kelas imam yang dikenal sebagai kutani Ani- . etnograf James Mooney , yang mempelajari Cherokee di akhir 1880-an, adalah yang pertama untuk melacak penurunan hirarki mantan pemberontakan ini.Pada saat Mooney, struktur agama praktisi Cherokee lebih informal, lebih didasarkan pada pengetahuan individu dan kemampuan dari pada keturunan.
Satu sumber utama sejarah budaya awal berasal dari bahan yang ditulis pada abad ke-19 oleh didanvwisgi (Ꮧ Ꮣ Ꮕ Ꮻ Ꮝ Ꭹ), Cherokee pria obat , setelah Sequoyah ciptaan 'dari suku kata Cherokee pada 1820. Awalnya hanya didanvwisgi yang dianut dan digunakan bahan tersebut, yang dianggap sangat kuat dalam arti rohani. Kemudian, suku kata dan tulisan-tulisan secara luas diadopsi oleh orang-orang Cherokee.
Tidak seperti kebanyakan India di Tenggara Amerika pada awal era bersejarah, Cherokee berbicara sebuah bahasa Iroquoian . Karena Great Lakes wilayah adalah inti dari penutur bahasa Iroquoian, para sarjana telah berteori bahwa Cherokee bermigrasi Selatan dari daerah itu. Hal ini didukung oleh Cherokee sejarah lisan tradisi. Menurut ulama 'teori ini, Tuscarora , lain berbahasa orang Iroquoian dihuni Tenggara di masa bersejarah, dan Cherokee memisahkan diri dari kelompok besar selama migrasi utara.
sejarawan lain berpendapat bahwa, dilihat dari data linguistik dan budaya, orang-orang Tuscarora bermigrasi Selatan dari orang-orang Iroquoian berbahasa lain di kawasan Danau Besar di zaman kuno. Kebanyakan "kembali" ke New York area dari tenggara dengan 1722 karena peperangan di wilayah selatan. Para Tuscarora tersebut diakui kemudian oleh Iroquois sebagai Bangsa Keenam konfederasi mereka.
Analisis Linguistik menunjukkan perbedaan yang relatif besar antara Cherokee dan bahasa Iroquoian utara. Cendekiawan menempatkan perpecahan antara kelompok-kelompok di masa lalu, mungkin 3500-3800 tahun yang lalu. Glottochronology studi menunjukkan perpecahan terjadi antara sekitar 1.500 dan 1.800 SM. The Cherokee telah mengklaim penyelesaian kuno Kituwa di Tuckasegee Sungai , sebelumnya sebagian dan sekarang berikutnya Qualla Batas (reservasi dari Band Timur Cherokee Indian ), sebagai penyelesaian Cherokee asli di Sulawesi Tenggara

Huron
Wyandot (juga disebut Huron) adalah penduduk asli dari Amerika Utara , yang dikenal di mereka bahasa asli dari Iroquoian keluarga sebagai Wendat tersebut. Pra- menghubungi orang terbentuk di wilayah pantai utara sekarang Danau Ontario , sebelum migrasi ke Teluk Georgia . Saat itu di lokasi kemudian mereka bahwa mereka pertama kali bertemu penjelajah Samuel de Champlain pada 1615.
The Wyandot modern muncul pada abad ke-17 akhir dari sisa-sisa dua kelompok sebelumnya, Konfederasi Huron dan Tionontate , yang disebut Petun ( tembakau orang) oleh Perancis karena mereka budidaya tanaman. Mereka terletak di bagian selatan dari apa yang sekarang Kanada provinsi Ontario sekitar Teluk Georgia . Mereka drastis dikurangi dengan wabah penyakit setelah 1634 dan dibubarkan oleh perang tahun 1649 dari Iroquois dari Haudenosaunee .
Hari ini Wyandot memiliki cadangan di Quebec, Kanada . Selain itu, mereka memiliki tiga pemukiman besar dan independen diatur, diakui suku federal di Amerika Serikat.

Asal, nama dan organisasi

Pada awal abad ketujuh belas, bangsa ini Iroquoian menyebut diri mereka nama asli seorang pengarang Wendat, yang berarti "penghuni Semenanjung" atau "Kepulauan". The wilayah bersejarah Wendat itu berbatasan pada tiga sisinya oleh perairan Teluk Georgia dan Danau Simcoe . Awal Perancis penjelajah disebut penduduk asli ini sebagai Huron, baik dari Huron Prancis ("bajingan", "kasar"), atau dari hure ("Teman-kepala babi hutan"). Menurut tradisi, pelaut Perancis berpikir bahwa gaya rambut berduri dari Wendat prajurit mirip yang dari babi hutan .
Para Wendat bukan suku, tapi sebuah konfederasi dari empat atau lebih suku dengan saling dimengerti bahasa. Menurut tradisi, ini Wendat (atau Huron) Konstitusi diprakarsai oleh Attignawantans (Orang-orang dari Bear) dan Attigneenongnahacs ( Orang-orang Kabel), yang konfederasi pada abad ke-15. Mereka bergabung oleh Arendarhonons (Tokoh Rock) tentang 1590, dan Tahontaenrats (Orang-orang dari Rusa) sekitar 1610. Kelompok kelima, yang Ataronchronons (Tokoh Rawa-Rawa atau Bog), tidak mungkin telah mencapai keanggotaan penuh dalam konfederasi ini, dan mungkin telah sebuah divisi dari Attignawantan.
Penyelesaian Wendat terbesar, dan ibukota Konfederasi ini, terletak di Ossossane , dekat modern Elmvale , Ontario . Mereka menyebut wilayah tradisional mereka Wendake .
Berkaitan erat dengan orang-orang dari Konfederasi Huron adalah Tionontate, sebuah kelompok siapa Perancis disebut Petun (Tembakau Rakyat), untuk budidaya tanaman yang mereka. Mereka tinggal lebih jauh ke selatan dan dibagi menjadi dua kelompok: Rusa dan Serigala. Yang Menimbang bahwa mereka membentuk inti dari suku kemudian dikenal sebagai Wyandot, mereka juga mungkin menyebut diri mereka Wendat.

Budaya

Seperti lainnya Iroquoian orang, Huron adalah petani yang dilengkapi diet mereka dengan berburu dan memancing. Jagung (jagung) adalah andalan dari makanan mereka, yang didukung terutama oleh ikan, meskipun mereka diburu dan beberapa makan daging rusa dan daging lain yang tersedia selama musim pertandingan. Wanita itu sebagian besar bekerja di sektor pertanian, meskipun laki-laki membantu dalam pekerjaan terberat kliring ladang. Hal ini biasanya dilakukan oleh tebang dan bakar metode pohon kliring dan sikat. Pria melakukan sebagian besar ikan dan berburu, dan dibangun rumah-rumah, kano, dan alat. Setiap keluarga memiliki sebidang tanah yang mereka bertani; tanah ini kembali ke milik umum suku ketika keluarga tidak lagi menggunakannya.
Huron tinggal di desa-desa mulai dari satu sampai sepuluh hektar (40.000 m²), sebagian besar yang difortifikasi dalam pertahanan terhadap serangan musuh. Mereka tinggal di rumah panjang , mirip dengan kelompok-kelompok budaya Iroquoian. Desa yang khas telah 900-1600 orang dibagi dalam 30 atau 40 rumah panjang. Desa dipindahkan setiap sekitar sepuluh tahun sebagai tanah menjadi kurang subur dan hutan di dekatnya, yang menyediakan kayu bakar, tumbuh tipis. he Huron terlibat dalam perdagangan dengan suku tetangga, terutama untuk tembakau dengan Petun tetangga dan Netral bangsa.
Tuberkulosis (TBC) adalah endemik di antara Huron, diperburuk oleh tutup dan kondisi kehidupan berasap di rumah panjang. Huron secara keseluruhan adalah sehat, namun; para Yesuit menulis bahwa Huron adalah "lebih sehat daripada kita."

Cheyenne
Cheyenne diperkirakan telah bercabang suku-suku lain dari saham Algonquian sekitar Great Lakes di masa kini-hari Minnesota , mungkin ca. 1500. Dalam bersejarah kali mereka pindah ke barat, bermigrasi melintasi Sungai Mississippi dan ke Utara dan Dakota Selatan . Selama abad ke-19 awal, Cheyenne membentuk suku bersatu, dengan otoritas yang lebih terpusat melalui upacara ritual dan struktur dari Indian Plains lainnya. Setelah menyelesaikan Black Hills dari South Dakota dan Powder Sungai Negara yang hadir-hari Montana , mereka memperkenalkan budaya kuda untuk band Lakota tentang 1730. Bersekutu dengan Arapaho , mereka mendorong Kiowa ke Selatan. Pada gilirannya mereka didorong barat oleh Lakota lebih banyak.
Pada abad sebelum kontak Eropa, Cheyenne berada di waktu bersekutu dengan band-band dari Lakota (Sioux) dan Arapaho. Pada abad ke-18, mereka bermigrasi barat dari prajurit Lakota, tetapi oleh abad berikutnya, band dari Lakota telah mengikuti mereka ke Black Hills dan Powder Sungai Negara. Pada pertengahan abad kesembilan belas, mereka kadang-kadang bersekutu dengan suku-suku Plains lainnya.
The Cheyenne adalah salah satu yang paling terkenal dari suku Plains. Bangsa Cheyenne dibentuk menjadi sepuluh band, tersebar di Great Plains, dari selatan Colorado ke Black Hills di South Dakota . Pada saat yang sama, mereka menciptakan struktur terpusat melalui upacara ritual, seperti Tari Sun . Ketika berkumpul, para pemimpin band bertemu dalam dewan formal. Sendirian antara suku-suku Plains, mereka mengobarkan perang pada tingkat suku, pertama melawan musuh tradisional mereka, Crow , dan kemudian (1856-1879) melawan pasukan AS. Pada pertengahan abad ke-19, band mulai split, dengan beberapa band memilih untuk tetap dekat Black Hills, sementara yang lain memilih untuk tetap dekat Sungai Platte Colorado pusat.
The Cheyenne Utara , yang dikenal di Cheyenne baik sebagai Notameohmésêhese berarti "Pelahap Utara" atau hanya sebagai Ohmésêhese berarti "Pelahap", tinggal di tenggara Montana di Reservasi Indian Cheyenne Utara . Pada tahun 2000 sensus , pemesanan tersebut memiliki jumlah penduduk 4.400, dengan 72,8%, atau sekitar 3.250 orang, mengidentifikasi sebagai Cheyenne.
The Cheyenne Selatan , yang dikenal di Cheyenne sebagai Heévâhetaneo'o berarti "Orang bertali", bersama dengan Arapaho Selatan, bentuk mengakui suku federal, yang Cheyenne dan Arapaho Tribes , terletak di barat Oklahoma . populasi gabungan mereka adalah 12.130, pada 2008. [2] Pada tahun 2003, sekitar 8.000 ini diidentifikasi sebagai Cheyenne. Dengan terus perkawinan, sulit untuk memisahkan suku administratif

Nama

Bangsa Cheyenne terdiri dari dua bersatu suku , yang Só'taeo'o (lebih sering sebagai Sutaio) dan Tsétsêhéstâhese (lebih umum sebagai Tsitsistas; tunggal: Tsétsêhéstaestse), yang diterjemahkan menjadi seperti kita "atau" Manusia itu ". " Kedua suku itu selalu pergi bersama-sama, menjadi penuh bergabung beberapa saat setelah 1831, ketika mereka masih tercatat sebagai memiliki kamp terpisah. Para Suhtai dikatakan telah awalnya berbicara sedikit berbeda dan adat istiadat dari perjalanan sahabat mereka.
Nama "Cheyenne" berasal dari Sioux Dakota exonym bagi mereka, Šahíyena (berarti "Šahíya kecil"). Meskipun identitas Šahíya tidak diketahui, banyak Great Plains suku menganggap itu berarti Cree atau beberapa orang lain yang berbicara dengan bahasa Algonquian terkait dengan Cree dan Cheyenne. Kata Cheyenne untuk Ojibwa adalah "Sáhea'eo'o," kata yang terdengar mirip dengan Dakota Šahíya kata.
Salah satu yang paling umum etimologi untuk Cheyenne adalah "sedikit seperti [orang-orang dari sebuah] pidato asing" (harfiah, "merah-pembicara"). Menurut George Burung Grinnell , para Dakota menyebut diri mereka sendiri dan sesama Siouan bahasa band sebagai "pembicara putih", dan mereka keluarga bahasa lain, seperti Cheyenne Algonquian, sebagai "pembicara merah" (Šahíyena)


Bahasa

The Cheyenne dari Montana dan Oklahoma berbicara dalam bahasa Cheyenne , yang dikenal sebagai Tsêhésenêstsestôtse (ejaan umum: Tsisinstsistots). Hanya sedikit kosakata berbeda antara dua lokasi. Alfabet Cheyenne berisi empat belas huruf. Bahasa Cheyenne adalah salah satu yang lebih besar -bahasa Algonquian kelompok.


Tersebut dikenal catatan sejarah awal dari Cheyenne berasal dari pertengahan abad ketujuh belas-, ketika sekelompok Cheyenne mengunjungi Perancis Fort Crevecoeur , dekat saat ini Chicago , Illinois . Menurut tradisi suku, selama abad ke-17 Cheyenne didorong oleh dia Ho ( Assiniboine ) dari Great Lakes daerah ke daerah saat ini Minnesota dan North Dakota , di mana mereka mendirikan desa-desa. Yang paling menonjol dari desa-desa kuno Cheyenne Biesterfeldt Desa, di Dakota Utara timur sepanjang Sungai Sheyenne . Tradisi mengatakan bahwa mereka pertama kali mencapai Sungai Missouri pada 1676. Di Missouri, Cheyenne datang ke dalam kontak dengan tetangga Mandan , Hidatsa dan Arikara bangsa, dan mereka mengadopsi banyak dari karakteristik budaya mereka. Mereka adalah pertama dari suku-suku Plains kemudian ke Black Hills dan Powder Sungai Negara . Tentang 1730 mereka memperkenalkan kuda untuk band Lakota. Konflik dengan bermigrasi Lakota dan Ojibwa memaksa bangsa-bangsa barat lebih lanjut Cheyenne, dan mereka pada gilirannya mendorong Kiowa ke selatan. Dengan 1776 Lakota telah kewalahan Cheyenne dan diambil alih sebagian besar wilayah mereka dekat Black Hills . Pada 1804, Lewis dan Clark mengunjungi sebuah desa hidup Cheyenne di North Dakota. Seperti penjelajah Amerika Eropa belajar banyak nama berbeda untuk Cheyenne, dan tidak menyadari betapa bagian-bagian yang berbeda membentuk suku yang bersatu.
Meskipun budaya oral, Cheyenne mengembangkan otoritas terpusat kompleks dan ceremonialism ritual yang bersatu suku. Sepuluh band memiliki empat pemimpin masing-masing, dan empat puluh empat laki-laki ( Dewan Empat puluh Empat ) bertemu untuk sengaja pada pertemuan suku teratur, berpusat di sekitar Dance Sun Selain itu, mereka mengembangkan upacara Arrows Suci, yang mereka membawa saat mereka mengobarkan perang tingkat suku. Pada pertengahan abad ke-19, Cheyenne itu sebagian besar meninggalkan tradisi sebelumnya mereka pertanian dan tembikar menetap karena kondisi berubah. Mereka sepenuhnya mengadopsi klasik nomaden budaya Plains. Mereka digantikan penginapan bumi mereka dengan portabel tipis dan beralih diet mereka dari ikan dan hasil pertanian, untuk terutama banteng liar dan buah-buahan dan sayuran. Setelah kuda yang diperoleh, mereka mengadopsi gaya hidup nomaden, dengan memperluas jangkauan mereka dari atas Sungai Missouri ke dalam apa yang sekarang Wyoming , Montana , Colorado , dan South Dakota.


Abad ke-19 dan Perang Indian

Migrasi selatan
Pada awal abad ke-19, banyak Cheyenne tinggal di dekat Black Hills, namun terlibat dalam perburuan dan perdagangan untuk kuda sejauh selatan sebagai Sungai Arkansas . Mereka mungkin memiliki berkisar ke Nuevo Mexico untuk kuda-mencuri penggerebekan. Beberapa band diikuti Kiowa dan Arapaho ke daerah selatan. Mereka diperdagangkan baik dengan Spanyol , di Perancis , dan dengan lainnya Indian Amerika suku, barang perdagangan dan bahan-bahan yang diperoleh di atas Sungai Missouri dengan orang-orang dari suku-suku selatan.
Pada awal 1820, pedagang dan penjelajah dilaporkan kontak dengan Cheyenne saat ini-hari Denver, Colorado dan di Sungai Arkansas. Mereka mungkin berburu dan perdagangan di wilayah tersebut sebelumnya. Mereka mungkin telah bermigrasi ke selatan untuk musim dingin. The Hairy Rope band terkenal telah menjadi band pertama yang bergerak ke selatan, menangkap kuda liar sejauh selatan sebagai Cimarron River Valley. [9]
Selain peperangan endemik dengan Assiniboine di utara, dan konflik sesekali dengan Lakota, yang Cheyenne berperang dengan Crow . Mereka mengalami kekalahan besar di tangan mereka di tahun 1819. Tahun berikutnya, mereka mengambil banyak tahanan Crow, yang diadopsi dan dimasukkan ke dalam suku itu. Penyebaran peperangan dengan Crow, yang Ute , dan Pawnee adalah pola hidup teratur Cheyenne sampai 1860-an. [10]
laporan Mengikuti 1820 dari Cheyenne dan suku 'serangan lainnya pada pihak di Santa Fe Trail , US Army pasukan dikirim keluar dari Fort Leavenworth , Kansas untuk melindungi pemukim di jalan. [11] Pada tahun 1834 Charles Bent dan rekan-rekannya mendirikan Bent benteng di Sungai Arkansas di tenggara sekarang Colorado . Para Bents telah diperdagangkan di atas Sungai Missouri tapi tidak berhasil. Ketika mereka berteman baik dengan Cheyenne, mereka dipindahkan ke Arkansas, di mana Cheyenne dan Arapaho diperdagangkan dengan mereka.
Perjanjian 1825
Pada musim panas tahun 1825, suku dikunjungi di Missouri atas oleh sebuah komisi yang terdiri dari perjanjian AS Jenderal Henry Atkinson dan India agen Benyamin O'Fallon , disertai dengan pengawalan militer dari 476 laki-laki. Umum Atkinson dan komisaris rekan-rekan meninggalkan Fort Atkinson pada tanggal 16 Mei 1825. Ascending Missouri, mereka melakukan negosiasi perjanjian persahabatan dan perdagangan dengan suku-suku di Missouri atas, termasuk Arikara , para Cheyenne, para Crow , para Mandan , yang Ponca , dan beberapa band Sioux . Pada waktu itu AS telah persaingan dari Inggris pedagang di Missouri atas, yang turun dari Kanada .
Perjanjian mengakui bahwa suku-suku tinggal di Amerika Serikat, bersumpah persahabatan abadi antara AS dan suku-suku, dan, mengakui hak Amerika Serikat untuk mengatur perdagangan, suku-suku berjanji untuk hanya berurusan dengan para pedagang berlisensi. Suku setuju untuk mengingkari pembalasan pribadi untuk cedera, dan untuk mengembalikan atau mengganti kerugian pemilik kuda dicuri atau barang lainnya. komisi upaya untuk kontak Blackfoot dan Assiniboine tidak berhasil. Sepanjang mereka kembali ke Fort Atkinson di Bluff Dewan di Nebraska, komisi itu berhasil negosiasi dengan Ota , yang Pawnee dan Omaha.
Pengaruh Trail Emigrant
Peningkatan lalu lintas dari emigran sepanjang terkait Oregon , Mormon dan California jalan, dimulai pada awal tahun 1840-an, kompetisi meningkat dengan penduduk asli Amerika sumber daya langka air dan permainan di daerah kering. Dengan penipisan sumber daya di sepanjang jalur, yang Cheyenne menjadi semakin dibagi ke dalam Cheyenne Cheyenne Utara dan Selatan, di mana mereka bisa memiliki wilayah yang cukup untuk rezeki.
Selama California Gold Rush , emigran membawa kolera . Ini tersebar di kamp-kamp pertambangan dan saluran air akibat sanitasi yang buruk. Penyakit ini umumnya penyebab utama kematian emigran, sekitar sepersepuluh dari yang meninggal selama perjalanan mereka.
Mungkin dari pedagang, epidemi kolera mencapai Indian Plains tahun 1849, yang mengakibatkan kerugian besar kehidupan selama musim panas tahun itu. Sejarawan memperkirakan sekitar 2.000 Cheyenne meninggal, satu-setengah sampai dua pertiga dari penduduk mereka. Ada kerugian yang signifikan antara suku-suku lain juga, yang melemahkan struktur sosial mereka. Mungkin karena kehilangan berat perdagangan selama musim 1849, Bent Fort ditinggalkan dan dibakar.
Fort Laramie Treaty tahun 1851
Tahun 1846 Thomas Fitzpatrick ditunjuk agen India untuk Arkansas atas dan Sungai Platte . Usahanya untuk bernegosiasi dengan Cheyenne Utara, Arapaho dan suku-suku lain menyebabkan sebuah dewan besar di Fort Laramie pada tahun 1851. Perjanjian yang dinegosiasikan oleh sebuah komisi yang terdiri dari Fitzpatrick dan DD Mitchell , US Inspektur dari India Negeri , dengan Indian dari dataran utara .
Dalam upaya untuk mengurangi perang antar-suku di dataran, para pejabat pemerintah yang "ditugaskan" teritori untuk tiap-tiap suku dan dijadikan perdamaian bersama. Selain itu, pemerintah dijamin izin untuk membangun dan memelihara jalan melalui negara India di dataran, seperti Trail Emigrant dan Santa Fe Trail , dan untuk mempertahankan benteng untuk menjaga mereka. Suku-suku dikompensasikan dengan anuitas dari kas dan persediaan untuk perambahan seperti di wilayah mereka. The Fort Laramie Treaty tahun 1851 menegaskan dan Arapaho wilayah Cheyenne di Great Plains antara Sungai North Platte dan Arkansas. wilayah ini termasuk apa yang sekarang Colorado , timur Front Range dari Rockies dan utara Sungai Arkansas, Wyoming dan Nebraska , selatan Sungai North Platte, dan barat ekstrim Kansas.
Hukuman ekspedisi tahun 1857
Pada bulan April 1856, sebuah insiden di Jembatan Sungai Platte (hari dekat sekarang- Casper, Wyoming ), mengakibatkan melukai seorang prajurit Cheyenne. Dia kembali ke Cheyenne di dataran. Selama musim panas 1856, India menyerang pelancong di sepanjang Trail Emigrant dekat Fort Kearny. Dalam pembalasan, Kavaleri AS menyerang sebuah kamp Cheyenne di Grand Island di Nebraska . Mereka membunuh sepuluh prajurit Cheyenne dan melukai delapan atau lebih.
pihak Cheyenne menyerang setidaknya tiga pihak pemukim emigran sebelum kembali ke Sungai Republik . Agen India di Fort Laramie dinegosiasikan dengan Cheyenne untuk mengurangi permusuhan. Namun, Sekretaris Perang memerintahkan Resimen Kavaleri 1 (1855) untuk melakukan ekspedisi hukuman di bawah komando Kolonel Edwin V. Sumner . Dia pergi melawan Cheyenne di musim semi tahun 1857. Mayor John Sedgwick memimpin bagian dari ekspedisi up Arkansas, dan melalui Fountain Creek ke Selatan Sungai Platte. perintah Sumner's pergi ke barat di sepanjang North Platte ke Fort Laramie, lalu turun sepanjang Range Front ke Platte Selatan. Kekuatan gabungan dari 400 tentara pergi ke timur melalui dataran mencari Cheyenne.
Di bawah pengaruh dukun Putih Bull (juga disebut Es) dan Grey Beard (juga disebut Dark), yang Cheyenne masuk ke peperangan rohani yang kuat percaya bahwa obat akan mencegah tentara 'senjata dari tembak. Mereka diberitahu bahwa jika mereka mencelupkan tangan mereka di danau dekat mereka hanya mengangkat tangan mereka untuk mengusir peluru tentara. Mengangkat tangan mereka mengepung pasukan maju karena mereka maju di dekat Sungai Salomo . Sumner memesan serangan kavaleri dan pasukan dibebankan dengan pedang ditarik, sedangkan Cheyenne melarikan diri. Namun, pasukan berkuda, dengan kuda lelah setelah pawai panjang, tidak dapat berhasil melakukan lebih dari beberapa Cheyenne, kuda yang masih segar. Ini adalah pertempuran pertama yang Cheyenne berperang melawan Angkatan Darat Amerika Serikat. Korban hanya sedikit di kedua sisinya, Jeb Stuart , kemudian seorang letnan muda, ditembak di payudara saat menyerang seorang prajurit Cheyenne dengan saber satu. Pasukan terus dan dua hari kemudian membakar kamp Cheyenne buru-buru ditinggalkan, di mana mereka menghancurkan loge dan musim dingin pasokan daging kerbau.
Sumner terus Bent Fort . Untuk menghukum para Cheyenne, ia didistribusikan anuitas mereka ke Arapaho. Dia dimaksudkan menghukum tindakan lebih lanjut, tapi diperintahkan untuk Utah karena wabah masalah dengan Mormon . (Hal ini dikenal sebagai Perang Utah .) yang bergerak di bawah Cheyenne Arkansas ke Kiowa dan Comanche negara. Pada musim gugur yang Cheyenne Utara kembali ke utara negara mereka dari Platte.
The Peak tombak Gold Rush
Dimulai pada tahun 1859 dengan Colorado Gold Rush , pemukim Eropa-Amerika pindah ke tanah disediakan untuk Cheyenne dan lain Plains Indian. Perjalanan sangat meningkat sepanjang Trail Emigrant sepanjang Sungai Platte Selatan dan beberapa emigran berhenti sebelum melanjutkan ke California. Selama beberapa tahun ada damai antara pemukim dan India. Konflik hanya yang terkait dengan peperangan endemik antara Cheyenne dan Arapaho dari dataran dan Utes pegunungan.
negosiasi AS dengan Black Kettle dan mendukung Cheyenne perdamaian lainnya mengakibatkan Perjanjian Fort Wise : ia mendirikan sebuah pemesanan kecil untuk Cheyenne di Colorado tenggara dalam pertukaran untuk wilayah setuju untuk di Fort Laramie Perjanjian 1851. Banyak Cheyenne tidak menandatangani perjanjian itu, dan mereka terus hidup dan berburu atas dasar tradisional mereka di Hill Smokey dan cekungan Republik, antara Arkansas dan Platte Selatan, di mana ada banyak kerbau. Upaya untuk membuat perdamaian yang lebih luas terus, tetapi pada musim semi 1864, John Evans , gubernur Colorado Wilayah, dan John Chivington , komandan Relawan Colorado , sebuah milisi warga , memulai serangkaian serangan terhadap India berkemah atau berburu di dataran . Mereka membunuh setiap India pada penglihatan dan memulai Perang Colorado . Umum perang pecah dan India membuat banyak serangan di jalur sepanjang Platte Selatan yang Denver tergantung pada persediaan. Tentara menutup jalan dari 15 Agustus sampai dengan September 24, 1864.
Pada tanggal 29 November 1864, Milisi Colorado menyerang dan Arapaho perkemahan Cheyenne bawah Kepala Black Kettle , meskipun menerbangkan bendera gencatan senjata dan menunjukkan kesetiaan kepada pemerintah AS. The Creek pembantaian Pasir , seperti yang dikenal, mengakibatkan kematian antara 150 dan 200 Cheyenne, kebanyakan tidak bersenjata perempuan dan anak. Timur laut yang selamat melarikan diri dan bergabung dengan kamp dari Cheyenne di Hill Smokey dan sungai Republik. Ada prajurit perang merokok pipa, melewati dari kamp ke kamp diantara Sioux, Cheyenne dan Arapaho. Mereka direncanakan dan dilaksanakan serangan dengan sekitar 1.000 prajurit di stasiun panggung dan benteng, Camp Rankin di Julesburg , pada bulan Januari 1865. Orang-orang Indian kemudian membuat berbagai serangan di sepanjang Platte Selatan, baik timur dan barat Julesburg, dan serangan kedua pada Julesburg pada awal Februari. Mereka menangkap banyak menjarah dan membunuh orang Amerika Eropa. Sebagian besar India bergerak ke utara ke Nebraska dalam perjalanan mereka ke Black Hills dan Sungai Powder .
Black Kettle terus perdamaian keinginan. Dia tidak bergabung dalam serangan kedua atau dalam rencana untuk pergi ke utara ke negara Sungai Powder. Dia meninggalkan kamp besar dan kembali ke Sungai Arkansas dengan 80 pondok, di mana ia bermaksud untuk mencari perdamaian.

Pertempuran Sungai Washita

Empat tahun kemudian, pada 27 November 1868, George Armstrong Custer dan pasukannya menyerang Kettle's band Black di Pertempuran Sungai Washita . Walaupun band-nya berkemah pada pemesanan yang ditetapkan, sesuai dengan perintah pemerintah, beberapa anggotanya terkait dengan menyerang ke Kansas oleh band-band yang beroperasi dari daerah Indian . Custer dan anak buahnya menewaskan lebih dari 100 Cheyenne, kebanyakan perempuan dan anak-anak.
Ada klaim yang saling bertentangan mengenai apakah band ini bermusuhan atau ramah. Para sejarawan percaya bahwa Kepala Black Kettle, kepala band, bukan bagian dari partai perang dalam suku-suku Plains. Dia tidak perintah otoritas mutlak atas anggota band-nya. Ketika anggota muda dari band ambil bagian dalam partai merampok, Eropa Amerika pikir seluruh band yang terlibat.

Pertempuran Little Bighorn

The Cheyenne Utara berjuang dalam Pertempuran Little Bighorn , yang berlangsung pada tanggal 25 Juni 1876. The Cheyenne, bersama dengan Lakota, Sioux dan sekelompok kecil Arapaho , membunuh Letnan Kolonel George Armstrong Custer dan banyak Kavaleri 7 nya kontingen tentara Angkatan Darat. Para sejarawan telah memperkirakan populasi Cheyenne, Arapaho perkemahan Lakota dan di sepanjang Sungai Little Bighorn adalah sekitar 10.000, sehingga salah satu pertemuan terbesar asli Amerika di Amerika Utara pada masa pra-pemesanan. Berita acara bepergian di seluruh Amerika Serikat dan mencapai Washington, DC , sama seperti bangsa itu merayakan nya Centennial . reaksi publik muncul dalam kemarahan terhadap Cheyenne.

Budaya

Selama 400 tahun terakhir, Cheyenne telah melalui empat tahap budaya. Pertama, mereka tinggal di Woodlands Timur dan merupakan orang-orang yang menetap dan pertanian, penanaman jagung , labu kacang , dan panen padi liar . Selanjutnya mereka tinggal di Minnesota sekarang dan South Dakota dan melanjutkan tradisi pertanian mereka. Mereka mulai berburu bison di Great Plains. Selama tahap ketiga, Cheyenne meninggalkan gaya hidup pertanian mereka dan menjadi-matang Plains penuh kuda budaya suku. Tahap keempat adalah tahap pemesanan.
Cheyenne Sistem pemerintahan tradisional adalah kesatuan politik Amerika Utara bangsa pribumi. Kebanyakan bangsa-bangsa lain dibagi menjadi band politis otonom, sedangkan band Cheyenne secara politik bersatu. Pemerintah pusat sistem tradisional dari Cheyenne adalah " Arrow Keeper "diikuti oleh" Dewan Empat puluh Empat ". Nama menunjukkan jumlah kepala duduk di dewan. Masing-masing dari sepuluh band memiliki empat delegasi kepala duduk, sisanya empat kepala adalah penasehat utama para delegasi lainnya. Sistem ini juga mengatur militer masyarakat Cheyenne yang dikembangkan untuk perencanaan perang, menegakkan aturan, dan melakukan upacara. Pada saat Cheyenne mencapai Great Plains, mereka telah mengembangkan pemerintah ini.
Antropolog perdebatan tentang organisasi masyarakat Cheyenne. Ketika Cheyenne sepenuhnya disesuaikan dengan budaya Plains klasik, mereka memiliki sistem kekerabatan band bi-lateral. Namun, beberapa ahli antropologi melaporkan bahwa Cheyenne memiliki sistem matrilineal band. Studi ke apakah Cheyenne mengembangkan matrilineal sistem klan tidak dapat disimpulkan.


Comanche
Comanche adalah penduduk asli Amerika kelompok etnis yang rentang bersejarah (yang Comancheria ) terdiri dari sekarang timur New Mexico , bagian selatan Colorado , timur laut Arizona , selatan Kansas , semua Oklahoma , dan sebagian besar dari barat laut Texas . Para Comanches adalah pemburu-pengumpul , dengan khas Plains India budaya, termasuk kuda. Mungkin ada sebanyak 45.000 Comanches pada abad ke-18.
Hari ini, Bangsa Comanche terdiri dari 14.700 anggota (2010 angka partisipasi), sekitar setengah dari mereka tinggal di Oklahoma. Sisanya terkonsentrasi di Texas, California, dan New Mexico. Suku ini berkantor pusat di Lawton, Oklahoma . The Comanche berbicara bahasa Comanche , sebuah Numic bahasa Uto-Aztecan keluarga, terkadang diklasifikasikan sebagai Shoshone dialek.

Formasi

Comanche muncul sebagai kelompok yang berbeda tak lama sebelum 1700, ketika mereka memutuskan dari Shoshone orang yang hidup di sepanjang hulu Sungai Platte di Wyoming . Hal ini bertepatan dengan akuisisi atas kuda , yang memungkinkan mereka mobilitas yang lebih besar dalam pencarian mereka untuk alasan berburu lebih baik.
asli mereka migrasi membawa mereka ke selatan Great Plains , menjadi menyapu wilayah membentang dari Sungai Arkansas ke Texas pusat. Selama waktu itu, populasi mereka meningkat drastis karena banyaknya kerbau , masuknya migran Shoshone, dan adopsi jumlah besar wanita dan anak-anak ditawan dari kelompok saingan. The Comanche pernah membentuk satu kohesif unit suku tapi dibagi menjadi hampir selusin kelompok otonom, yang disebut band. Kelompok-kelompok ini berbagi bahasa yang sama dan budaya tetapi mungkin telah berjuang hampir sesering mereka bekerja sama.
Pada tahun 1680 yang diperoleh Comanche kuda dari Indian Pueblo setelah Pemberontakan Pueblo .
Kuda itu adalah elemen kunci dalam munculnya budaya Comanche khas. Beberapa sarjana telah mengusulkan Comanche memisahkan diri dari Shoshone dan pindah ke selatan untuk mencari sumber tambahan kuda antara pemukim dari Baru Spanyol ke selatan.) The Comanche mungkin telah memiliki pertama kelompok (bukan mencari baru ternak kerbau Plains pribumi untuk sepenuhnya memasukkan kuda ke dalam budaya mereka dan untuk memperkenalkan hewan ke masyarakat Plains lainnya.
Pada pertengahan abad ke-19, para Comanche yang memasok kuda dan Amerika pedagang Perancis dan pemukim dan kemudian ke 'migran melewati wilayah mereka dalam perjalanan ke California Gold Rush . The Comanche telah mencuri banyak kuda dari suku lain dan pemukim, mereka memperoleh reputasi mereka sebagai kuda tangguh, dan kemudian, pencuri ternak. Mereka mencuri ternak dari pemukim Spanyol dan Amerika, serta Plains lain suku, sering menyebabkan perang.
The Comanche juga memiliki akses ke sejumlah besar kuda liar, yang berjumlah sekitar 2.000.000 di dalam dan sekitar Comancheria. Pada akhir abad ke-19 ke-18 dan awal, gaya hidup Comanche diperlukan sekitar satu kuda per orang. Dengan populasi sekitar 30.000 hingga 40.000 dan yang memiliki banyak ternak kali jumlah, Comanche memiliki surplus sekitar 90.000 hingga 120.000 kuda.
Mereka adalah lawan tangguh yang mengembangkan strategi untuk menggunakan senjata tradisional untuk memerangi menunggang kuda. Perang adalah bagian penting dari kehidupan Comanche. The Comanche ditakuti serangan ke Meksiko tradisional terjadi pada saat bulan purnama, ketika Comanche bisa melihat naik pada malam hari. Hal ini menyebabkan istilah "Comanche Moon," selama yang Comanche menyerang untuk kuda, tawanan, dan senjata. Mayoritas serangan Comanche ke Meksiko berada di negara bagian> ref Chihuahua dan negara-negara tetangga utara. ( Lihat -Comanche Perang Meksiko, 1821-1848 )

Divisi

Dalam Comanche masyarakat ada empat tingkat integrasi sosial-politik:
patrilinear dan patrilocal nuklir keluarga
keluarga besar kelompok (nʉmʉnahkahni - "orang-orang yang hidup bersama dalam rumah tangga", tidak ada batas ukuran tetapi nonrecognition luar keluarga dua generasi di atas atau tiga di bawah)
perumahan lokal kelompok (span. rancheria, terdiri satu atau lebih nʉmʉnahkahni, salah satu yang terbentuk intinya)
divisi atau band (kadang-kadang disebut suku, Nacion Spanyol, rama - "cabang", beberapa kelompok lokal dihubungkan oleh kekerabatan, sodalities (politik, kedokteran, dan militer) dan kepentingan bersama dalam berburu, mengumpulkan, perang, perdamaian, perdagangan)
Berikut sebagai contoh divisi politik dan kekerabatan berbasis seperti itu, orang harus menyebutkan Yaparʉhka, yang membentuk identitas mereka sendiri sebagai sebuah divisi terpisah. Karena perbedaan budaya dan bahasa dari band Comanche lain, mereka menjadi "(Yap) Root-Pelahap", kontras dengan Kʉhtsʉtʉhka ("Buffalo-Pelahap"). Pembagian Yaparʉhka yang terdiri dari beberapa kelompok lokal perumahan seperti Tʉ Ketahtoh, Motso Tʉ dan Pibianigwai.
Berbeda dengan tetangga Cheyenne dan Arapaho ke utara, Comanches pernah berkembang ide politik membentuk suatu bangsa atau suku. Comanches diakui satu sama lain sebagai Nʉmʉnʉ dan jarang berperang melawan satu sama lain, namun, ini tidak berarti bahwa Nʉʉ Kwaarʉ mengejar kebijakan yang sama terhadap pemukiman Spanyol dan India di New Mexico sebagai melakukan Kʉhtsʉtʉhka. Akibatnya, kemudian, sama seperti masyarakat Comanche telah menumbangkan, sekali dihormati dan ditakuti Penatʉka Nʉʉ disediakan US Army India Pramuka untuk Amerika dan Texans terhadap kerabat mereka masih berjuang dan bebas-Comanche roaming.
Ini band merupakan unit sosial utama Comanches. Sebuah band tipikal jumlah mereka bisa sekitar seratus orang. Band ini merupakan bagian dari divisi yang lebih besar, atau suku. Sebelum tahun 1750, ada tiga Comanche divisi: Yamparikas, Jupes, dan Kotsotekas. Pada tahun 1750 dan 1760s, sejumlah band Kotsoteka memisahkan diri dan pindah ke tenggara. Hal ini mengakibatkan pembagian yang besar antara kelompok asli, Comanches barat, dan istirahat jauh Kotsotekas, yang Comanches timur. The Comanches barat tinggal di wilayah bagian atas Sungai Arkansas , Kanada Sungai , dan Sungai Merah , dan Llano Estacado . The Comanches timur tinggal di Dataran Tinggi Edwards dan dataran Texas dari atas Sungai Brazos dan Sungai Colorado itu., dan timur ke Timbers Cross .
Seiring waktu, divisi tersebut yang diubah dengan berbagai cara. Pada abad ke-19 awal, Jupes lenyap dari sejarah, mungkin menggabungkan ke divisi lain. Banyak Yamparikas pindah tenggara, bergabung dengan Comanches timur dan menjadi dikenal sebagai Tenewas. Banyak Kiowas dan Plains Apache (atau Naishans) pindah ke Comancheria utara dan menjadi erat terkait dengan Yamparikas. Sekelompok Arapahos , yang dikenal sebagai Chariticas, pindah ke Comancheria dan bergabung dengan masyarakat Comanche. divisi baru muncul, seperti Nokonas, terkait erat dengan Tenewas, dan Kwahadas, yang muncul sebagai faksi baru di Llano Estacado selatan. Perbedaan barat-timur berubah di abad ke-19. Pengamat mulai memanggil mereka Comanches utara dan selatan. Salah satu kelompok selatan dikenal sebagai Penatekas.
Semua nama-nama ini divisi yang dieja dengan berbagai cara oleh penulis Spanyol dan Inggris, dan perbedaan ejaan terus hari ini. pengelompokan skala besar menjadi tidak stabil dan tidak jelas selama abad ke-19. Masyarakat Comanche perlahan-lahan kewalahan dan akhirnya menaklukkan ke Amerika Serikat.

Bahasa

Bahasa yang diucapkan oleh orang Comanche , Comanche (N u m u u tekwap), adalah bahasa Numic dari bahasa Aztecan kelompok-Uto . Hal ini erat kaitannya dengan bahasa Shoshone , dari mana Comanche bercabang sekitar 1700. Kedua bahasa tetap berhubungan erat, tetapi perubahan beberapa suara tingkat rendah menghambat saling dimengerti. Catatan awal Comanche dari 1786 jelas menunjukkan dialek Shoshone, tetapi pada awal abad ke-20, perubahan suara telah memodifikasi cara Comanche terdengar di halus, namun mendalam, cara. Walaupun usaha sekarang yang dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidupnya, sebagian besar penutur bahasa adalah lanjut usia, dan kurang dari satu persen dari Comanches bisa berbicara bahasa. Pada akhir abad 19, anak-anak Comanche ditempatkan di asrama sekolah dimana mereka putus asa dari berbicara bahasa ibu mereka dan bahkan dihukum berat untuk melakukannya. Generasi kedua kemudian besar berbahasa Inggris, karena percaya bahwa lebih baik bagi mereka tidak tahu Comanche.
Selama Perang Dunia II , sekelompok pemuda tujuh belas disebut sebagai "The Comanche Kode pembicara "dilatih dan digunakan oleh Angkatan Darat AS untuk mengirim pesan menyampaikan informasi sensitif yang tidak dapat diuraikan oleh Jerman.


Navajo
Navajo (juga dieja Navaho, dalam Navajo : Dine, yang berarti "orang-orang," atau Naabeehó) (atau Dineh dalam anglicization umum dari istilah bahasa Navajo) dari Amerika Serikat Barat Daya merupakan terbesar kedua Amerika asli suku Serikat Amerika Serikat . Dalam Sensus AS 2000 , 298.197 orang mengaku sepenuhnya atau sebagian dari keturunan Navajo. The Navajo Nation merupakan sebuah badan pemerintah independen yang mengelola Navajo reservasi Indian di Four Corners area Amerika Serikat . The Navajo Bahasa diucapkan di seluruh wilayah, meskipun yang paling Navajo berbahasa Inggris juga.

Awal sejarah

Sampai mereka datang ke dalam kontak dengan Spanyol dan Pueblos , para Navajo adalah pemburu dan pengumpul. Mereka mengadopsi teknik pertanian dan tanaman dari orang-orang Pueblo, tumbuh terutama jagung , kacang , dan squash . Sebagai hasil dari pengaruh Spanyol, mereka mulai menggiring domba dan kambing , tergantung pada mereka untuk makanan dan perdagangan. Mereka berputar dan menenun dicukur wol ke dalam selimut dan pakaian yang dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau perdagangan. Mereka juga tergantung pada kawanan domba mereka untuk daging . Hidup mereka bergantung pada domba begitu banyak itu, ke Navajo, domba adalah jenis mata uang dan ukuran kawanan adalah tanda status sosial.
The Navajo / Dine berbicara dialek dari rumpun bahasa disebut sebagai Athabaskan . The Navajo dan Apache diyakini bermigrasi dari barat laut Kanada dan timur Alaska , dimana mayoritas speaker Athabaskan berada. The Dene Bangsa Pertama , yang tinggal dekat dari Tadoule Danau di Manitoba ke Great Slave Lake di Alberta , juga berbicara bahasa Athabaskan. Meskipun waktu berlalu, orang-orang ini dilaporkan masih bisa memahami bahasa sepupu jauh mereka, Navajo. Arkeologi dan sejarah bukti menunjukkan bahwa nenek moyang Athabaskan dari Navajo dan Apache masuk Southwest dengan 1400 Masehi . Navajo tradisi lisan dikatakan untuk mempertahankan referensi dari migrasi ini.
sejarah lisan Navajo juga tampaknya menunjukkan hubungan panjang dengan orang-orang Pueblo dan kemauan untuk beradaptasi ide-ide asing ke dalam budaya mereka sendiri. Perdagangan antara masyarakat Pueblo lama mapan dan Athabaskans itu penting bagi kedua kelompok. Catatan Spanyol mengatakan dengan pertengahan abad ke-16, para Pueblos ditukar jagung dan tenunan kapas barang bison daging, kulit dan material untuk alat-alat batu dari Athabaskans yang baik bepergian untuk mereka atau tinggal di sekitar mereka. Pada abad ke-18, Spanyol melaporkan bahwa Navajo memiliki banyak ternak dan daerah besar tanaman. The Navajo mungkin banyak ide Pueblo diadaptasi ke dalam budaya sendiri yang berbeda.
Yang pertama menggunakan istilah Spanyol Apachu de Nabajo pada 1620 untuk merujuk kepada orang-orang di wilayah Lembah Chama timur San Juan Sungai dan barat laut sekarang Santa Fe, New Mexico . Pada 1640-an, mereka menggunakan "Navajo" untuk orang-orang pribumi. Para Spanyol tercatat dalam 1670s bahwa mereka hidup di wilayah yang disebut Dinetah , sekitar enam puluh mil (100 km) barat dari wilayah lembah Rio Chama. Pada 1780, Spanyol mengirim ekspedisi militer terhadap Navajo di barat daya dan barat daerah itu, dalam Taylor Gunung dan Gunung Chuska wilayah New Mexico.
Dalam 1.000 tahun terakhir, Navajos memiliki sejarah memperluas jangkauan mereka dan pemurnian diri mereka identitas dan signifikansi mereka ke kelompok lain. Hal ini mungkin merupakan akibat dari kombinasi budaya peperangan endemik ( penggerebekan ) dan perdagangan dengan Pueblo, Apache, Ute , Comanche Spanyol bangsa dan, atur di lingkungan alam perubahan Southwest tersebut.

Nama "Navajo" berasal dari abad ke-18 melalui Spanyol (Apache de) Navajo "(Apache dari) Navajo", yang berasal dari Tewa navahū "bidang jurang sebelah". The Navajo menyebut diri mereka Dine, yang berarti "rakyat". Meskipun demikian, sebagian besar Navajo sekarang menyetujui untuk disebut "Navajo." (Ejaan lama kata - "Navaho" - tidak disukai oleh Navajo paling di zaman modern).
Secara tradisional, seperti Apacheans lain, Navajo adalah semi- nomadik dari 16 sampai abad ke-20. kelompok kekerabatan diperpanjang mereka telah daerah hunian musiman untuk mengakomodasi peternakan, pertanian dan praktek pengumpulan. Sebagai bagian dari ekonomi tradisional mereka, kelompok Navajo mungkin terbentuk pihak perdagangan atau merampok, perjalanan relatif jarak jauh.

Budaya 

Secara historis, struktur masyarakat Navajo sebagian besar merupakan matriarkal sistem di mana wanita hanya diizinkan untuk memiliki ternak dan tanah. Setelah menikah, seorang pria Navajo akan pindah ke rumah istrinya dan klan, karena anak-anak perempuan (atau, jika perlu, saudara perempuan lainnya) secara tradisional orang-orang yang menerima warisan generasi. Setiap anak dikatakan milik klan ibu dan menjadi "lahir untuk" marga ayah. Sistem klan adalah exogamous , artinya itu, dan sebagian besar masih, dianggap sebagai bentuk inses untuk menikah atau siapapun tanggal dari salah satu dari empat kakek seseorang sebuah klan.

sumber


Pesan dari Author
Arga Wijaya Hardy

Terimakasih sudah membaca artikel dari blog ane gan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar agan

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Arsip Blog

Follow by Email

Followers

Statistik